BLH LOMBOK BARAT PROGRAMKAN BIOGAS 2011

Lombok Barat, Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat, Nyoman Sembah mengatakan, mulai tahun 2011 daerah ini mulai memprogramkan biogas.

“Biogas ini merupakan energi alternatif untuk menjadi bahan bakar dan tenaga listrik,” katanya kepada wartawan di Giri Menang, Sabtu.

Menurutnya, program biogas ini sangat pas dilakukan di Lombok Barat, sebab daerah ini memiliki populasi ternak dan potensi kandang kumpul peternakan sapi, kerbau bahkan kuda yang mampu menghasilkan kotoran untuk diolah menjadi biogas.

Untuk tahap awal, pihaknya akan melakukan uji coba pada Desa Gerung Selatan Kecamatan Gerung, yang sudah memiliki kelompok masyarakat peduli lingkungan.

“Mereka sudah menyatakan siap untuk menjadi lokasi uji coba penggolahaan biogas dari kotoran kuda, sapi, dan kerbau,? katanya.

Ia mengatakan, untuk mendukung program biogas tersebut pihaknya akan mengajukan anggaran melalui dana alokasi khusus (DAK) dari pemeritah pusat.

“Program ini juga menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi permasalahan sampah di daerah ini,” katanya.

Dikatakan Nyoman, manfaat biogas sebagai bahan pengganti khususnya minyak tanah dapat digunakan memasak, namun tidak menimbulkan bau sedikit pun, sehingga aman untuk digunakan.

Sedangkan dalam skala besar, biogas dapat digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik, yang sangat cocok digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik, terutama untuk dusun yang belum terjangkau listrik.

“Di samping itu, dari proses biogas akan dihasilkan sisa kotoran ternak yang dapat langsung digunakan sebagai pupuk organik bagi berbagai tanaman pertanian maupun budidaya,” katanya.

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Maret 28, 2011, in Berita and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. bagaimanapun kami akan menunggu hasilnya….sebenarnya biogas memiliki potensi yang luar biasa. selain mengurangi dampak pelebaran lubang ozon akibat dari pelepasan gas metan oleh kotoran sapi, kerbau, kambing, kuda, biogas juga dapat digunakan untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik. Jadi artinya tidak akan ada krisis energi jika disitu ada sapi. tidak ada lokasi yang tidak terjangkau listrik jika di lokasi tersebut ada sapi. Jika ada Listrik, maka pekerjaan akan menjadi semakin mudah. jika semakin mudah maka produktivitas baik dalam arti jumlah dan kualitas pasti akan meningkat. Pengembangan itu nanti. sekarang wujudkan dulu biogasnya…..saya sudah menerapkan pemanfaatan biogas untuk rumah tangga. sudah 4 tahun saya memanfaatkan gas dari biogas ini, tentunya saya sudah tidak khawatir dengan lonjakan harga gas atau minyak tanah…toh sampai saat ini 4 tahun ini keluarga saya sama sekali tidak membeli gas. Namun melihat niat yang ada di Nusa Tenggara ini, saya sangat mendukung walau saat ini masih dalam bentuk doa. jika diperlukan, saya juga memiliki dokumentasi proses pembuatan biogas. dan saya akan kirimkan jika diminta. demikian dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s