40 Persen Mangrove Di Lobar Cendrung Rusak

Dari 2.000 hektare hutan mangrove di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, 40 persen diantaranya saat ini mengalami kurang baik dan cenderung rusak. Kondisi seperti ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi kelestarian hutan, laut bahkan warga yang berada di Perairan Lombok Barat bagian Selatan.
Kepala Dinas Kehutanan Lombok Barat HL Syiful Arifin belum lama ini mengakui,  dalam upaya budidaya mangrove, Pemkab Lombok Barat tidak memiliki anggaran khusus, sehingga penanganannya, terutama di kawasan perairan Sekotong belum bisa dilakukan.
Meski demikian, saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaaan dan pendataan kawasan yang akan menjadi lokasi penanaman mangrove, rencananya akan diajukan ke Balai Mangrove di Denpasar.
Menurutnya, setelah didata dan lokasi tanam dipetakan, akan diusulkan bantuan ke Balai Mangrove. Kesadaran masyarakat menanam mangrove di daerah ini sangat rendah, sebaliknya semangat masyarakat yang pernah menjadi korban abrasi cukup tinggi.
Ia mencontohkan, di kawasan Perairan Cemare, tanpa di suruh warga sudah mau menanam sendiri, karena  mereka pernah menjadi korban abrasi. Selain itu, pihaknya selalu mencari peluang kerja sama dengan pihak swasta, sekolah maupun perguruan tinggi.
Untuk diketahui, kerja sama penanamam mangrove yang hingga kini masih berlangsung dengan SMAN 1 Sekotong dan SMAN 1 Mataram, yang menangani mangrove di kawasan pesisir Cemare dan Tanjung.
Mangrove di dua lokasi tersebut ditanam dan dirawat oleh sekolah tersebut, sehingga kondisinya saat ini sangat bagus, dan warga yang berada di lokasi itu kini tidak pernah terkena gelombang pasang.

Sumber: http://lombokbaratkab.go.id

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on April 18, 2011, in Berita and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s