Dampak Tambang Non Logam (Galian C), Pengaruhi Lingkungan di Lombok Barat

Maraknya Galian C atau disebut Tambang Non Logam di wilayah Lombok Barat, saat ini cukup menghawatirkan, karena dampak terhadap lingkungan sudah mulai berpengaruh terutama dibeberapa kawasan yang berdampingan dengan lokasi penambangan non logam.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Lombok Barat, disela-sela pelantikan tujuh Camat di Aula kantor Bupati Lombok Barat, “dalam hal penambangan non logam di wilayah Lombok Barat saai ini sudah sangat menghawatirkan, Bupati memerintahkan kepada segenap SKPD untuk melakukan koordinasi dan segera melakukan penertiban terhadap para penambang yang ilegal tersebut.

Demikian juga dengan izin penambangan, saat ini tidak ada satupun izin tambang yang dikeluarkan di wilayah Lombok barat.

Oleh karena itu harus segera diatur dalam setelah regulasi seperti yang dilakukan di wilayah Lombok Barat, sudah ada perda tentang pertambangan yang disahkan oleh DPR, namun demikian dalam eksekusinya perlu didukung dengan Perbup, sementara Perbup tersebut saat ini sedang digodok.

Kaitan dengan beberapa penambangan yang terdapat dibeberapa kawasan, Bupati Lombok Barat mengatakan sudah memerintahkan kepada para camat untuk segera melakukan penertiban terhadap kegiatan penambangan ilegal karena sudah akan berpengaruh terhadap dampak lingkungan.

Seperti kegiatan pertambangan yang ada di kawasan gunung pengsong perampuan, Bupati menyampaikan dengan tegas agar Camat Labuapi segera melakukan upaya refresiv, guna menertibkan kegiatan tersebut karena sudah merusak  lingkungan.

Sumber: http://mataramnews.com

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on April 18, 2011, in Berita and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s