Pengelolaan LH di NTB Masuk Kategori Baik

Mataram – Berdasarkan hasil riset secara nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup di seluruh provinsi di Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Barat (Prov. NTB) berada pada posisi delapan kategori terbaik pengelolaan lingkungan hidupnya.

Hal itu terlihat dari hutan NTB yang masih terjaga dan pencemaran lingkungan yang tergolong rendah. Untuk itu, Provinsi NTB menjadi daerah dengan indeks pengelolaan lingkungan hidup masuk kategori baik.

Demikian dikemukakan Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta MS., dalam Rakor Regional Pusat Pengelolaan Ekoregional (PPE) Bali dan Nusa Tenggara, di Hotel Grand Legi, Mataram, Jumat (11/3/2011).

Dikatakannya, dalam menentukan indeks itu kementerian lingkungan hidup menggunakan tiga kriteria. Selain melihat kondisi hutan dan tingkat pencemaran di daerah, keberhasilan dan komitmen pemerintah daerah dalam upaya mengurangi dan mengantisipasi lahan kritis menjadi penentunya.

“Sejauh mana langkah dan upaya pemerintah daerah untuk mereboisasi lahan-lahan kritis,” ujarnya.

Menurut Meneg LH, NTB juga turut berkontribusi terhadap pencegahan pemanasan global yang saat ini sedang melanda dunia. Dibandingkan daerah lain, hutan di NTB masih terjaga dari pembalakan liar. “Pencemaran lingkungan di NTB rata-rata juga masih rendah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, masuknya NTB ke dalam kategori daerah dengan indeks pengelolaan LH baik tentu berkat komitmen pemerintah setempat yang konsen terhadap lingkungan. Untuk itu, Kementerian Lingkungan Hidup akan lebih memperhatikan NTB baik dari segi alokasi angggaran dan lainnya.

Ditegaskannya, dalam mendukung pencapaian indeks pengelolaan lingkungan yang lebih baik di semua daerah, Kementerian LH ke depan akan lebih cenderung pada pengelolaan lingkungan terutama pengelolaan limbah dan sampah.

Sumber: http://www.ntbprov.go.id

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on April 18, 2011, in Berita and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s