Dokumen UKL-UPL Hotel The Chandi Senggigi Lombok Barat

I. IDENTITAS PEMRAKARSA

 Nama perusahaan     :   The Chandi Boutique Resort & SPA

Alamat kantor            :   BTN Bintang Senggigi Batulayar Kabupaten Lombok Barat, NTB.

 

II. RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN

 a.    Nama Rencana Usaha dan/atau Kegiatan

Rencana  usaha dan /atau kegiatan Hotel The Chandi adalah salah satu dari sebagian bidang jasa penginapan/Perhotelan yang mengutamakan jasa kebugaran dan SPA, terletak di lingkungan sekitar pantai senggigi dengan penerapan desain mewah dan modern yang dikelilingi oleh pepohonan tropis yang hijau dan segar menjadikan resort ini sangat elegan dan nyaman untuk ditempati.

 

b.   Lokasi rencana usaha  dan/atau kegiatan

 Hotel The Chandi terletak di Dusun Batulayar Desa Batulayar Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat, NTB. Dengan batas – batas lokasi :

–     Sebelah utara          : Makam batu layar

–     Sebelah timur          : Tanah milik

–     Sebelah selatan        : Tanah milik

–     Sebelah barat           : Pantai batu layar

Dengan titik koordinat geografis lokasi terletak pada koordinat : LU/LS :0,8º 30’  58,9”          s/d    BB/BT: 116º 03‘  40,7” dan LU/LS :0,8º 31’  03,8”       s/d BB/BT : 116º 03’ 42,6”.

Jarak lokasi usaha dan /atau kegiatan pembangunan hotel Lombok plaza dengan fasilitas umum:

c.    Skala usaha dan/atau Kegiatan

Pendirian bangunan Usaha dan /atau kegiatan Hotel The Chandi menggunakan lahan seluas 8.385 m2 yang telah dibebaskan, oleh karena itu luas usaha dan/atau kegiatan kurang dari 5 ha dan luas bangunan kurang dari 10.000 m2, maka pemrakarsa kegiatan diwajibkan membuat dokumen UKL-UPL adapun fasilitas hotel terdiri dari:

–       15 Unit Cottages (kamar Villa beach bungalow) yang menawan dengan ukuran 52m2 dan 1 unit villa dengan 2 tempat tidur. Dengan ukuran 100 m2 . Semua Cottage menerapkan desain modern yang minimalis yang dilengkapi dengan teras, King size bed, kamar mandi dengan shower, TV Flat screen, telepon, Wi-Fi, Minibar dan AC.

–       1 Unit Spa, spa dengan perpaduan antara tradisional dan modern yang akan memanjakan anda untuk menghilangkan kelelahan dan beban pikiran setelah seharian beraktivitas

–       1 beach garden suite, (hamparan laut yang nampak biru muda mempesona dan pemandangan sekitar yang nyaman sambil menikmati minuman segar)

–       2 buah lapangan voly ball, sebuah tempat melakukan aktivitas pantai karena resort ini mempunyai area pantai yang indah dengan pasir yang lembut dilengkapi dengan tempat bersantai yang nyaman

–       2 ruang metting dengan masing-masing 100 orang,

–       1 buah restaurant restoran dengan menu Western dan Asian yang akan menggugah nafsu makan dengan kapasitas 25 tempat duduk,

–       1 buah kolam renang dengan ukuran 100 m2.

d.   Garis Besar Komponen Rencana Usaha dan/atau Kegiatan

TAHAP PRAKONSTRUKSI

 a.    Pembebasan Lahan

Lahan tempat mendirikan bangunan Hotel The Chandi merupakan areal Perbukitan yang sudah dibebaskan  sehingga tidak lagi memerlukan pembebasan lahan, meliputi areal seluas 8.385 m2, berdasarkan sertifikat Hak Milik Nomor: 503.A1/130/BP2T-LB/V/2010 dengan surat ukur tertanggal 27 Mei 2010.

b.   Perijinan

Pengurusan perijinan dilakukan mulai dari tingkat desa sampai instansi /dinas terkait antara lain : izin lokasi, advice planning, RTLB (Rencana Tata Letak Bangunan), HO (izin gangguan), IMB (Izin Mendirikan Bangunan), dan perizinan lainnya sesuai dengan peraturan daerah tempat gedung berdiri.

 

TAHAP KONSTRUKSI

 a.     Rekruitmen Tenaga Kerja

Untuk kelancaran pembangunan fisik Hotel The Chandi, dibutuhkan tenaga kerja dari bebagai kualifikasi. Sedapat mungkin tenaga kerja diambil dari pen­duduk sekitar lokasi sebagai tenaga pelaksana pembangunan hotel. Mengingat ketersediaan tenaga kerja lokal yang masih kurang, maka tidak menutup kemungkinan akan menggunakan tenaga kerja pendatang dengan melibatkan sebagian tenaga kerja sesuai kebutuhan.

b.     Mobilitas Pralatan dan Material

Mobilisasi bahan bangunan dan peralatan juga dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan pembangunan usaha dan /atau kegiatan termasuk mesin, alat berat, material bangunan, kayu, pipa, besi beton, dan bahan bangunan lainnya, pada saat kegiatan pembangunan disiapkan lokasi untuk penempatan semua peralatan dan bahan material yang didatangkan untuk pelaksanaan pembangunan hotel.

c.     Pematangan Lahan

Pematangan lahan mencakup pembersihan, penimbunan tanah dan perataan permukaan lahan. Pembersihan dilakukan untuk menyingkirkan benda-benda keras dan tumbuh-tumbuhan di lokasi lahan tempat bangu­nan akan berdiri. Pember­sihan dan perataan lahan dapat juga dilakukan secara manu­al maupun dengan menggunakan alat berat. Lahan yang digunakan untuk pembangunan hotel lombok Plaza memilih lokasi yang strategis.

d.     Pembuatan Pagar Keliling

Pembangunan pagar pengaman pada Hotel The Chandi semata – mata untuk memberikan batasan lokasi hotel dengan tanah sekitar penduduk atau fasilitas umum disekitar kegiatan usaha dan /atau kegiatan dan terhindar dari gangguan yang tidak diinginkan yang sewaktu – waktu dapat terjadi.

e.     Pembangunan kamar hotel dan Kebugaran/SPA

Pembangunan kamar hotel the chandi dibuat seperti bangunan villa yang terdiri dari  15 cottage 52 m ² dengan kapasitas 2 kamar  tempat tidur, tinggi lantai kamar adalah 3,5 m dengan luas kapling adalah 100 m²/unit yang dilengkapi dengan Teras Pribadi, Tempat tidur jumbo, kamar mandi shower, TV, Telpon, Akses untuk internet, Bar Mini, and Ruangan pendingin. Pondok-pondok dilengkapi dengan interior eksklusif dengan gaya minimalis modern dan 12 dari 15 unit kamar bahkan membuka pemandangan laut yang indah. Disamping itu, untuk memberikan rasa nyaman dan betah para tamu hotel dimanjakan dengan fasilitas jasa kebugaran/SPA yang di sediakan oleh Hotel The Chandi dengan pilihan perawatan rekreasi dan tradisional untuk tubuh dan jiwa. Usaha kebugaran/SPA ini memberikan layanan SPA,Pijat,Sepeda dan Fitnes untuk memberikan rasa nyaman dan betah bagi tamu  Hotel.

f.      Pembangunan Restoran

Usaha restaurant adalah salah satu jenis usaha dibidang jasa pangan. dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk pembuatan, penyimpanan, penyajian, dan penjualan makanan dan minuman untuk umum dan atau tamu Hotel. Pengusaha restaurant meliputi jasa pelayanan makan dan minuman kepada tamu restaurant sebagai usaha pokok dan jasa hiburan didalam bangunan restaurant sebagai penunjang yang tidak terpisahkan dari usaha pokok sesuai dengan ketentuan dan persyaratan teknis yang ditetapkan. Pada Hotel The Chandi letak restaurant dibuat terpisah dengan bangunan kamar hotel (outdoor) dengan beberapa pilihan makan untuk menyesuaikan preferensi kuliner setiap tamu.

g.     Pembangunan Kolam Renang

Kolam renang merupakan bagian dari pusat kebugaran jasmani atau taman rekreasi dalam kegiatan usaha jasa penginapan perhotelan, kolam renang hotel The Chandi memanfaatkan air PDAM, Kolam renang yang dimiliki Hotel The Chandi terdiri dari satu jenis kolam renang yang dipreoritaskan untuk orang dewasa dengan kapasitas air 1200 m3 , ukuran 100m2 dikelilingi oleh tempat untuk berjemur dibawah terik matahari dan memberikan kenyaman tersendiri bagi tamu hotel.

 h.  Pembuatan bak penampungan air limbah

Pembuatan bak penampungan air limbah pada hotel the chandi masing – masing kamar dibuat terpisah dengan ketentuan 1 kamar, 1 bak penampungan air limbah yang terdiri dari bak septictank dan resapan, air limbah yang berasal dari aktivitas sehari – hari seperti kamar madi, WC dialirkan ke sepitank kemudian dialirkan lagi ke bak peresapan. Hal ini sangat memungkinkan terjadinya peresapan karena kondisi tanah disekitar lokasi merupakan tanah berpasir, sehingga akan cepat terjadi proses peresapan.

 

TAHAP OPERASI

 a.     Rekrutmen tenaga kerja / karyawan operasional

Dalam mendukung operasional usaha dan /atau kegiatan, hotel The Chandi melakukan perekrutan karyawan yang mengutamakan penduduk sekitar tetapi kalau dari masyarakat  sekitar tidak memenuhi persyaratan sesuai yang diinginkan pihak pengelola terbuka mencari karyawan dari luar. diperkirakan jumlah karyawan yang diterima disesuaikan dengan kebutuhan.

b.     Operasional The Chandi Boutique Resort & SPA

Kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan upaya-upaya pariwisata guna menarik minat dan mendatangkan wisatawan, melayani serta memberikan rasa senang sehingga wisatawan untuk datang di Hotel The Chandi, menikmati suasana kamar yang menyajikan nuansa baru dan betah untuk berlama – lama dengan fasilitas yang disajikan pada restaurant, Bar, kebugaran/SPA dan Kolam renang yang disediakan. Proses terpenting dalam siklus Usaha dan /kegiatan ini adalah pelayanan, hanya dengan pelayanan yang terbaik saja dapat menyelamatkan keberlangsungan kegiatan Hotel The Chandi ini.

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Maret 28, 2012, in Dokumen Lingkungan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s