DPLH Hotel Jayakarta Senggigi Lombok Barat

1. PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN

Nama Perusahaan : The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa

Alamat                   : Jl. Raya Senggigi – Ampenan, Km.4, Dusun Aiq Genit, Desa Senteluk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

 2. LOKASI KEGIATAN

Wilayah administrasi pemerintahan :

Secara administrasi lokasi usaha jasa penginapan/ perhotelan terletak di Jl. Raya Senggigi – Ampenan, Km.4, Dusun Aiq Genit, Desa Senteluk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

 

Koordinat geografis 

Berdasarkan koordinat geografis terletak pada koordinat Koordinat: 1160 04’ 10,7” BT sampai 1160 04’ 00,1” BB, dan 080 31’ 46,5” LS sampai 080 31’ 38,9” LU.

Peta lokasi Hotel “ The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa “ disajikan pada gambar terlampir *)

3. BIDANG USAHA DAN/ATAU KEGIATAN

Berdasarkan keputusan menteri Negara Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi / ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal No. Kep.11/T/PARPOSTEL/1993, tanggal 08 januari 1993 memberikan izin tetap usaha hotel kepada PT. JUWARA WARGA HOTEL CORPORATION dengan nama  hotel SENGGIGI PALACE HOTEL dan sekarang bernama The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa bergerak dalam bidang jasa Hotel  dan sesuai dengan Keputusan Direktur Jendreal Pariwisata Departemen Pariwisata, Pos dan telekomunikasi Nomor : Kep.01/PPKH/I/DDIRJEN/1993 Hotel ini termasuk golongan kelas hotel bintang 4 (Empat) dengan jumlah kamar 171 (Seratus Tujuh Puluh Satu).

4. MULAI BEROPERASI

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa adalah hotel bintang empat yang mulai dioperasikan secara resmi pada tanggal 8 Februari 1992 sesuai dengan keputusan menteri Negara Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi/ ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal No. Kep.11/T/PARPOSTEL/1993, tanggal 08 januari 1993.

 

5. DESKRIPSI USAHA DAN/ATAU KEGIATAN :

a) Kegiatan Utama

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa bergerak dalam bidang usaha dan/ atau kegiatan jasa penginpan/ perhotelan, dengan jumlah kamar yang dimiliki di The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa adalah 4 buah kamar suit room, 12 junior suit, 3 deluxe,  152 superior. Dan berdasarkan Ijin Tetap Usaha Hotel berdasarkan Keputusan Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 11/T/PARPOSTEL/1993.

Berdasarkan fasilitas dan berdasarkan kegiatan usaha, Hotel “The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa “ merupakan sejenis hotel dengan kategori “ bintang 4 {Empat}” dengan seluruh fasilitas penginapan / hotel  dikelola secara komersial. Jumlah karyawan yang dipekerjakan adalah karyawan tetap dan kontrak sejumlah 152 orang, dengan komposisi 50% (76 orang tenaga lokal) dan 50% (76 orang tenaga luar).

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa juga telah memiliki Ijin Lokasi yang dikeluarkan oleh BKPMD Provinsi NTB Nomor 03/2-597/BKPMD/1990 tertanggal 23 Juni 1990 dan HO dan IMB dari BKPMD Nomor 05/02-599/BKPMD/1990 tertanggal 16 Oktober 1990.

 b) Kegiatan Pendukung

1) Usaha Restaurant

Usaha restaurant adalah salah satu jenis usaha dibidang jasa pangan yang bertempat disebagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk pembuatan, penyimpanan, penyajian, dan penjuala makanan dan minuman untuk umum dan atau tamu Hotel. Pengusaha restaurant meliputi jasa pelayanan makan dan minuman kepada tamu restaurant sebagai usaha pokok dan jasa hiburan didalam bangunan restaurant sebagai penunjang yang tidak terpisahkan dari usaha pokok sesuai dengan ketentuan dan persyaratan teknis yang ditetapkan. Usaha restaurant dipimpin oleh seorang manager dan bertanggung jawab atas penyelenggaraan usaha restaurant tersebut.

 2) Usaha Kebugaran dan SPA

Salah satu pasilitas kebugaran yang di sediakan oleh The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa adalah penyediaan jasa uasaha SPA usaha ini kebugaran memberikan layanan spa, pijat, sepeda dan pitnes

 3) Bar

Di samping usaha restaurant ada usaha untuk menjual makanan dan minuman yang beersifat outdoor seperti bar dan restaurant. Bar masing-masing kapasitas 50 dan 10 tempat duduk. Di samping itu ada fasilitas arena outdoor yang dapat digunakan untuk secara pesta, pernikahan yang dapat menampung 1500 dengan luas areal 5,5 ha.

 4) Drug Store

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Lombok serta oleh-oleh lainnya.

 c) Kapasitas

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa Berdiri pada luas lahan 55.000 m2 dengan luas bangunan 30.000 m2dan memiliki jumlah fasilitas dengan kapasitas sebagai berikut:

1)   Kamar

Jenis kamar yang dimiliki di The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa adalah 4 buah kamar suit room, 12 junior suit, 3 deluxe,  152 superior.

Jenis kamar di The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa Senggigi Lombok Barat dapat dilihat pada table berikut:

Tabel 1. Jenis kamar di The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa Senggigi Lombok Barat.

 

No.

Tipe kamar

Jumlah

1

Suit room

4

2

Junior suit

12

3

Deluxe,

3

4

Superior

152

Jumlah

171

Sumber: The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa

 Bagi anak-anak, semua anak di bawah umur 8 tahun menginap tanpa dikenai biaya apabila menggunakan tempat tidur yang sudah tersedia. semua anak di bawah umur 2 tahun menginap tanpa dikenai biaya untuk tempat tidur bayi,  semua anak-anak lebih tua atau orang dewasa dikenai biaya per malam per orang untuk tempat tidur tambahan, kapasitas maksimum dari tempat tidur/tempat tidur bayi tambahan di kamar adalah 1.

Adapun rincian dari jenis kamar tersebut adalah:

Suit room

Suite (4 kamar) semua kamar dengan tempat tidur king size Para suite yang luas dilengkapi dengan semua kenyamanan yang fasilitas meja makan, kursi pribadi Anda sendiri dengan tempat tidur sofa, raja-ukuran dalam gaya Bali dengan tirai melawan nyamuk, refry untuk meja, ruang AC, ke telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan bak mandi, air dingin dan panas berjalan, televisi Channel lokal & Internasional, meja rias. Suite memiliki laut yang indah dan pemandangan taman.

 v  Junior suit

Terdiri dari 12 kamar dengan twin bed. Kamar yang nyaman dengan taman atau pemandangan laut, tempat tidur ukuran king, AC, ruang untuk telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan / atau bak mandi, air dingin dan panas berjalan, televisi Channel lokal & Internasional, meja rias.

 v  Deluxe

Terdiri dari 3 kamar dengan tempat tidur King Size, dengan tempat tidur Twin Kamar luas dan nyaman dengan pemandangan taman, khusus tidur kembar dalam gaya Lombok, refry untuk meja, AC, ruang untuk telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan bak mandi, air dingin dan panas berjalan, saluran televisi lokal Internasional

 v  Superior

Terdiri dari 152 kamar dengan tempat tidur King Size. Kamar yang nyaman dengan taman atau pemandangan laut, tempat tidur ukuran king, AC, ruang untuk telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan / atau bak mandi, air dingin dan panas berjalan, televisi Channel lokal & Internasional, meja rias.

2)   Restoran & Bar

Restoran kami dan bar terletak di dekat kolam renang dan memiliki laut dan pemandangan taman. Menu kami adalah menawarkan pilihan hidangan yang paling terkenal dari Lombok, Cina dan Eropa dan menampung 50 orang.

v  Dari jam 07.00 sampai Sarapan 10.00

v  Makan siang dari 12,00 sampai 15,00

v  Makan malam dari 18.00 sampai pukul 23.00

 3)   Usaha Kebugaran & Spa.

Usaha kebugaran & Spa disedikan untuk meningkatkan kebugaran badan dan meningkatkan kesehatan para tamu dengan kapasitas 10 orang

4)   Ruang Rapat

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa memiliki ruang rapat dengan kapasitas 100 orang bentuk – U dan 50 orang di bentuk Cabaret. Kami menawarkan semua jenis peralatan audiovisual modern yang diperlukan untuk membuat keberhasilan, seminar pertemuan atau presentasi.

5)   Kolam Renang

Berenang di kolam renang kami ketika Anda membutuhkan penyegaran tersebut. Handuk gratis dengan kapasitas 20 orang.

Kolam renang yang dimiliki The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa terdiri dari 3 (tiga) kolam renang yaitu satu kolam renang untuk anak-anak dan dua untuk dewasa, dan kedua kolam renang terletak saling berdekatan dengan kapasitas air 1800 m3.

 6)   Garden

Di samping, didepan, dan di tengah kamar kami memiliki taman yang indah dengan semua jenis vegetasi tropis dan banyak tanaman eksotis, terkenal karena taman ini dirawat dengan baik di seluruh dunia dengan luas ± 200 m2.

 d) Sarana Penunjang

1) Kolam Renang

Kolam renang merupakan bagian dari pusat kebugaran jasmani atau taman rekreasi dalam kegiatan usaha jasa perhotelan ijin pemanfaatan air bawah tanah berdasarkan ijin dari dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi Kabupaten Lombok Barat Nomor: 540/647/PU-PE/06/2009 yang disajikan pada lampiran 3. Kolam renang yang dimiliki The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa terdiri dari 3 (tiga) kolam renang yaitu satu kolam renang untuk anak-anak dan dua untuk dewasa, dan kedua kolam renang terletak saling berdekatan dengan kapasitas air 1800 m3.

 2) Ruang Rapat

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa adalah tempat yang bagus untuk menjadi tempat pertemuan dan rapat. Ruang rapat dapat menampung sekitar 60 -100 orang di ruang pertemuan kami di bentuk – U. Kami menawarkan semua jenis peralatan audiovisual modern yang diperlukan untuk membuat keberhasilan, seminar pertemuan atau presentasi.

3) Kitchen

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa memiliki dapur yang dilengkapi dengan AC sehingga suhu ruangan menjadi sejuk dan makanan dapat bertahan lama. Tempat memasak makanan yang akan dihidangkan kepada para tamu dengan berbagai jenis masakan baik makanan local maupun internasional.

 4) Art Kit

Art kit merupakan tempat menjual benda-benda seni yang ditawarkan bagi para pengunjung sehingga para pengunjung dapat memiliki barang seni sebagai oleh-oleh.

 5) Laundry

Laundry memiliki 3 unit mesin cuci dan detergent yang ramah lingkungan.

 6) Security

Untuk menjaga keamanan di The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa maka dibuat pos pengamanan yang terletak di pintu masuk hotel dilengkapi dengan fasilitas keamanan lainnya.

 7) Kantin

Bagi para tamu telah dipersiapkan juga kantin untuk berbelanja yang terletak di dalam kawasan hotel sehingga berbelanjapun menjadi mudah.

 8) Mess

Bagi karyawan yang menginap atau karyawan yang mau istirahat The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa menyiapkan mess bagi karyawan hotel sehingga karyawan dapat istirahat dengan nyaman.

 9) R. Boiler

The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa hjuga dilengkapi dengan R. Boiler yang berfungsi menyiapkan air panas yang dilairkan melalui sistem perpipaan ke masing-masing kamar sehingga para tamu dapat mandi dengan air hangat.

 10) Tower

Untuk mengantisipasi keterbatasan air baik yang bersumber dari sistem perpipaan PDAM maupun air bawah tanah, maka memiliki tower air yang dilengkapi dengan pompa dengan ketinggian 15 meter

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Maret 28, 2012, in Dokumen Lingkungan, DPLH and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. What i do not understood is in reality how you’re now not really much more neatly-appreciated than you may
    be right now. You are so intelligent. You understand
    therefore considerably in the case of this subject, produced me individually consider it from so many numerous
    angles. Its like men and women don’t seem to be fascinated
    except it is something to do with Lady gaga! Your personal
    stuffs great. At all times care for it up!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: