Dokumen UKL-UPL CV. FLOWER PARADISE LOMBOK

      I.        IDENTITAS PEMRAKARSA

1. Nama Perusahaan /Instansi :  CV. FLOWER PARADISE
2. Nama Penanggung Jawab  Usaha dan atau Kegiatan :  SAYUTI
3. Alamat Kantor, nomor telepon/fax :  Dusun Orong Bukal, Desa Persiapan Gili Indah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
4. Nomor Telepon/Fax 081 353 108 585

     II.        RENCANA USAHA DAN/ ATAU KEGIATAN

1. Nama Rencana Usaha dan/ atau Kegiatan :  Pembangunan Hotel Flower Paradise

2.      Lokasi Renacana Usaha dan/atau Kegiatan :

Hotel Flower Paradise Dibangun di Dusun Orong Bukal, Desa Persiapan Gili Indah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Secara administrasi wilayah tersebut berada di :

Sebelah Utara               : Pemakaman Umum;

Sebelah Timur               : Pantai;

Sebelah Selatan           : Tanah Kosong; dan

Sebelah Barat               : Bukit.

Berdasarkan koordinat geografis terletak pada koordinat :

  1. 08° 44’ 23,6’’ LS/ 115° 55’ 28,1’’ BT
  2. 08° 44’ 24,9’’ LS/  115° 55’ 28,4’’ BT
  3. 08° 44’ 25,4’’ LS/  115° 55’ 26,3’’ BT
  4. 08° 44’ 23,6’’ LS/ E 115° 55’ 26,4” BT

3.      Skala Usaha Dan atau/Kegiatan

Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Pembangunan Hotel Flower Paradise Lombok, NTB menempati areal ± 30 are.

4.      Sarana dan Prasarana dibangun :

Sarana dan prasarana yang ada di Hotel Flower Paradise merupakan unit-unit bangunan utama, unit bangunan pelengkap dan fasilitas lainnya. Untuk lebih jelasnya sarana dan prasarana dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Table 1. Sarana Dan Prasarana Hotel Flower Paradise Lombok NTB, 2011

NO

Uraian

Jumlah

(Unit)

1. Kantor

1

2. Bar/Restoran

1

3. Kamar

11 kamar

4. Mess Karyawan

2

5. Dapur

1

6. Kolam renang

1

7. Pos Satpam

1

8. Gudang

2

9. Genset/generator (450 watt)

2

10. Tower Air

11. Sumur Gali

1

12. Bak penampungan limbah Septic Tank

6

15. Pagar

2

 5.      Kebutuhan Tenaga Kerja:

Kebutuhan tenaga kerja untuk kegiatan konstruksi diperkirakan berjumlah 10 orang. Sebagian besar (75%) akan direkrut dari tenaga lokal, terutama tenaga kerja kasar (buruh) bangunan yang berasal dari dusun Orong Bukal, Desa Persiapan Gili Indah dan sekitarnya. Sisanya 25%, berupa tenaga kerja terampil yang akan menangani pekerjaan teknis, di ambil dari daerah lain. Tenaga kerja kasar (buruh) terutama akan dipekerjakan untuk kegiatan penggalian, pemasangan pondasi bangunan, fasilitas lainnya sampai konstruksi berlangsung ± enam bulan, sedangkan bulan ketujuh diperkirakan masuk ketahap finising bangunan, maka jumlah tenaga kerja sedikit demi sedikit dikurangi jumlahnya. Sementara pekerjaan – pekerjaan seperti pemasangan mesin, penataan taman, dan lain – lain memerlukan tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus. Total kebutuhan tenaga kerja untuk tahap oprasional sebanyak 10 orang dengan kualifikasi dan spesifikasi tertentu.

6.      Garis Besar Komponen Rencana Usaha dan/atau Kegiatan

Rencana usaha dan/atau kegiatan pembanguanan Hotel Flower Paradise Lombok, NTB, dimulai sejak tahun 2009 pada areal seluas 30 are dengan jumlah kamar 11 unit dengan sistim knock down dan dilengkapi fasilitas lain berupa Bar dan Restoran, dapur, kolam renang, dan sebagainya. Pembangunan Hotel Flower Paradise meliputi empat tahap, yaitu : Tahap Prakontruksi, Tahap Kontruksi, Tahap Operasi, dan Pascaoperasi. Masing–masing tahap tersebut diprediksikan akan memberikan dampak terhadap perubahan lingkungan hidup.

6.1.   Kegiatan Tahap Prakontruksi

a.  Pengurusan Perijinan dan Sosialisasi Rencana Usaha/Kegiatan.

1. Perijinan

Perijinan peruntukan penggunaan lahan untuk pembangunan Hotel Flower Paradise di antaranya, (a) Ijin Usaha Perdagangan dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lombok Barat Nomor : 503.B3/1052/PK/BP2T-LB/2011 tanggal 18 Nopember 2011; (b) Tanda Daftar Perusahaan Persekutuan Komanditer dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lombok Barat tanggal 18 Nopember 2011.

2. Sosialisasi Recana Usaha/Kegiatan

Sosialisasi rencana usaha/kegiatan dimaksudkan untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai rencana pembangunan Hotel Flower Paradise, Lombok, NTB dan pentingnya keberadaan usaha tersebut bagi perekonomian masyarakat daerah, serta dampak-dampak yang ditimbulkannya, baik dari segi positif maupun negatif.

6.2.   Kegiatan Tahap Konstruksi

a.  Penerimaan tenaga kerja

Kegiatan ini merupakan usaha merekrutmen tenaga kerja dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pengembangan Hotel Flower Paradise Lombok, NTB. Tenaga kerja yang direkrut secara umum terdiri atas tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus (skill) dan tenaga kerja yang tidak memiliki keterampilan khusus. Tenaga kerja tersebut di utamakan berasal dri tenaga kerja lokal (sekitar proyek) sesuai dengan ketersediaan, keahlian dan keterampilan mereka. Adapun tenaga kerja yang diperlukan pada tahap konstruksi dan spesifikasinya disajikan pada table 2 berikut.

Tabel 2.  Jumlah dan Spesifikasi Tenaga Kerja pada Tahap Konstruksi yang Dibutuhkan Dalam Pembangunan Hotel Flower Paradise Lombok, NTB.

No

Kualifikasi Pekerjaan

Kebutuhan Puncak

( orang )

  1. 1.     
Kepala proyekMandor

1

  1. 2.     
Tukang

3

  1. 3.     
Buruh

3

  1. 4.     
Pekerjaan lainnya

1

  1. 5.     
Satuan pengamanan

1

  1. 6.     
Administari

1

Total

10

Penerimaan tenaga kerja tersebut berpotensi menimbulkan dampak positif berupa terbukanya kesempatan kerja serta persepsi positif masyarakat terhadap hal tersebut. Namun disisi lain, kegiatan ini potensial menimbulkan dampak negatif, terutama bagi masayarakat setempat yang ingin mendapatkan pekerjaan dalam kegiatan tersebut tetapi tidak memiliki kemampuan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Dampak negatif bagi mereka yang tidak di terima sebagi tenaga kerja adalah timbulnya kecemburuan sosial sehingga berpengaruh pada proses sosial dalam masyarakat.

b.  Mobilisasi peralatan dan material

Kegiatan ini meliputi pengangkutan peralatan dan material yang akan digunakan dalam rencana kegiatan pembangunan Hotel Flower Paradise Lombok, NTB yang umumnya berasal dari tempat yang relatif jauh dari lokasi proyek. Karena keberadaan Hotel Flower Paradise Lombok terletak di salah satu gili, maka pengangkutan dilakukan dengan menggunakan perahu milik sendiri atau Boat.

Kegiatan pengangkutan peralatan dan material pada pembangunan Hotel tersebut memungkinkan berpotensi menimbulkan dampak adanya persepsi negatif dari masyarakat.

Sementara itu jenis bahan yang dibutuhkan pada kegiatan pembangunan Hotel  Flower Paradise di sajikan pada tabel 4 berikut.

Tabel 3 Jenis bahan yang dibutuhkan pada pembangunan Hotel  Flower Paradise   Lombok, NTB

No

Jenis Bahan

Sumber

1. Semen Kota Mataram & Sekotong
3. Pasir Daerah Sekitarnya
4. Kayu Berbagai Ukuran, Tipleks, Dan Bahan Sejenis Jawa, Kota Mataram & Sekotong
5. Berbagai Jenis Ukuran Besi Kota Mataram & Sekotong
6. Atap Jawa (Surabaya)

 c.  Pembangunan Fasilitas Utama dan Penunjang

Pembangunan fasilitas utama meliputi : bangunan Bar dan Restoran, kamar, gudang, kolam renang, unit pengolahan air dan limbah cair. Pembangunan fasilitas penunjang meliputi : pos keamanan, ruang genset, saluran sanitasi dan sebagainya. Kegiatan – kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan dampak berupa penurunan kualitas udara, peningkatan kebisingan, peningkatan saluran aliran air permukaan (run-off), penurunan sanitasi lingkungan karena sampah dan limbah pekerja, sehingga dikhawatirkan akan dapat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan pekerja. Semua hal tersebut pada akhirnya akan memunculkan sikap dan persepsi negatif masyarakat. Selain itu juga muncul adanya dampak positif seperti kesempatan berusaha, peningkatan pendapatan masyarakat dan persepsi positif masyarakat. Sementara itu sumber energi untuk operasional Hotel Flower Paradise Lombok, NTB bersumber dari generator/genset milik perusahaan sebanyak dua unit, dengan kapasitas 450 WATT.

Penggunaan air bersih untuk kebutuhan operasional Hotel dan fasilitas penunjang seperti kolam renang, penyiraman taman, dan kebutuhan lainnya bersumber dari sumur gali/air tanah. Air tanah dalam disekitar lokasi Hotel  dibor dengan kedalaman 20 – 30 m. kapasitas pengguanaan air per hari diprediksi sebanyak 100 m3/hari.

d.  Landskaping Dan Penghijauan

Landscaping dan penghijauan dimaksudkan sebagai kegiatan penataan kawasan untuk meningkatkan kenyamanan dan keindahan. Beberapa kagiatan yang dilakukan seperti : penanaman gumbalan rumput, tanaman hias, dan tanaman pelindung/peneduh. Kegiatan penghijauan pada areal Hotel direncanakan akan dilakukan terhadap upaya memelihara kualitas udara. Disamping upaya untuk membentuk etika lingkungan. Adanya penghijauan areal dapat berfungsi sebagai buffer zone (mintakat penyangga) atau barrier untuk penyerapan gas-gas CO2, penyerap debu, peredam kebisingan, dan mencegah bau yang mungkin terjadi dilingkungan Hotel. Kondisi demikian akan berdampak positif pada kesehatan lingkungan.

6.3.  Kegiatan Tahap Operasional

a.  Rekrutmen Tenaga Kerja (Operasional)

Kebutuhan tenaga kerja untuk operasional Hotel  Flower Paradise Lombok NTB adalah sebanyak ± 10 orang. Klasifikasi tenaga kerja yang di butuhkan adalah Direktur, kasir, koki, bartender, room boy, tenaga laundry, satpam yang di ambilkan dari tenaga kerja lokal dan dari luar wilayah sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasinya. Rencana tersebut akan potensial menimbulkan dampak positif yaitu terbukanya kesempatan kerja dan adanya pendapatan bagi penduduk di sekitar kagiatan. Namun tidak menutup kemungkinan pula bahwa kesempatan kerja tersebut juga bisa diraih oleh para pendatang yang akhirnya dapat memunculkan persaingan yang bersifat positif di atara mereka. Disamping dampak positif juga timbul dampak negatif berupa peningkatan kepadatan penduduk dan adanya gangguan proses sosial antara penduduk lokal dengan warga pendatang. Berbagai dampak tersebut akan akan memunculkan sikap dan persepsi masyarakat.

Tabel 4. Jumlah dan spesifikasi tenaga kerja pada tahap operasional Hotel Flower Paradise Lombok, NTB

No

Kualifikasi Pekerjaan

(Orang)

1. Direktur

1

2. Kasir

1

3. Koki

2

4. Bartender

1

5. Room boy

2

6. Tenaga Laundry

1

7. Satpam

2

Total

10

b.  Pengoperasian Hotel dan Fasilitas Penunjangnya

Kegiatan ini meliputi pengoperasian hotel dan fasilitas menunjangnya dapat menimbulkan dampak positif berupa terbentuknya peluang usaha bagi masyarakat sekitar untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan para karyawan. Dengan demikian diharapkan akan terjadi peningkatan pendapatan masyarakat. Berbagai dampak yang ada tersebut pada akhirnya akan memunculkan sikap dan persepsi masyarakat.

Pengoperasian hotel dan fasilitas penunjangnya diprakirakan akan meningkatkan keramaian wilayah tersebut dan akan menyebabkan munculnya lapisan sosial baru dan proses sosial yang intensif yang berdampak terhadap terjadinya pergeseran nilai dan norma budaya.

Selain dampak positif, pengoperasian hotel terutama penggunaan genset berpotensi dapat menimbulkan dampak negatif seperti peningkatan kebisingan, dan penurunan kualitas udara terjadi sebagai akibat adanya emisi gas dan debu. Penurunan kualitas udara akan berdampak terhadap kualitas lingkungan. Penurunan kualitas udara ini juga potensial menyebabkan terjadinya peningkatan angka kesakitan yang diderita tenaga kerja.

c.  Penanganan Limbah

Selama operasian Hotel Flower Paradise Lombok, NTB berlangsung dipastikan akan menghasilkan bahan sisa atau bahan buangan (limbah). Sumber limbah dapat berasal dari unit-unit kegiatan seperti: sisa-sisa makanan dan minuman, daun dan ranting tanaman, penggantian suku cadang generator dan genset, penggantian minyak dan oli generator dan genset, kamar mandi dan WC, dapur, debu, asap dan sebagainya. Limbah-limbah tersebut dapat berupa limbah padat, cair, domestik yang akan berdampak terhadap kesehatan, pencemaran tanah dan air. Terhadap munculnya dampak tersebut akan dilakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup yang termuat dalam dokumen ini.

1. Limbah Padat (Suku Cadang Generator/Genset) 

Limbah padat suku cadang generator/genset antara lain dapat berupa besi, lempengan seng, karet dan sebagainya ditampung pada ruang khusus (gudang). Limbah padat tersebut dilelang atau dijual kepada pihak ketiga dengan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Limbah Padat Domestik

Limbah domestik dapat berupa sisa makanan, kertas, plastik, botol minuman dan limbah tanaman. Limbah ini dikumpulkan di dalam kantong plastik warna hitam untuk diangkut oleh petugas kebersihan/cleaning service ketempat pembuangan sampah ahir.

3. Limbah Cair

Limbah cair yang berasal dari pergantian oli genset ditampung pada drum/jerigen. Penanganan oli bekas tersebut selanjutnya dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga yang telah memiliki ijin. Demikian juga dengan pengelolaan limbah cair yang berasal dari restoran, ruang karyawan dan kamar mandi, dan sebagainya langsung dialirkan ke bak penampungan. Limbah cair yang sudah diendapkan, kemudian dialirkan kelubang resapan melalui saluran pipa PVC. Sementara limbah padatnya ditampung pada lubang penampungan kemudian dibuang di tempat penampungan akhir.

4. Pemeliharaan Fasilitas Utama (Kantor, Bar dan Restoran) Dan Fasilitas Penunjang

Pemeliharaan fasilitas utama (kantor, bar dan restoran) dan fasilitas penunjang dimaksudkan untuk tetap menjaga kondisi fasilitas tersebut berfungsi dengan baik dan tetap bersih dan nyaman.

5.    CSR (Corporate Sosial Responsibility)

Merupakan salah satu kegiatan partisipasi atau keikut sertaan perusahaan terhadap pembangunan sosial ekonomi masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatsekitar lokasi kegiatan.

6.4.  Kegiatan tahap pascaoperasional

Pemutusan hubungan kerja dengan tenaga kerja akan terjadi manakala operasional Hotel Flower Paradise Lombok, berakhir. Kegiatan ini akan berdampak terhadap hilangnya kesempatan kerja para karyawan yang selama ini ikut mendukung opereasional Hotel Flower Paradise. Hilang/ berkurangnya kesempatan kerja juga mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan masyarakat disekitarnya. Pemutusan hubungan kerja tersebut akan memunculkan sikap dan persepsi negatif masyarakat. Selain itu juga berdampak pada tidak terurusnya asset CV. Flower Paradise  .

Informasi lebih lanjut, Untuk pengurusan dan pembuatan Dokumen UKL-UPL, Hubungi >>>
LEMBAGA PENYEHATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN MATARAM
Contact Person :

Putra : 0817367583

Irfan Handi: 081805768000

email : lpplmataram@yahoo.com

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Juli 17, 2012, in Dokumen Lingkungan, UKL-UPL and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s