Dokumen UKL-UPL PT. Putra Bangko Bangko Sejati

UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (UKL) DAN UPAYA PEMANTAUN LINGKUNGAN HIDUP (UPL) PEMBANGUNA TAMAN WISATA ALAM BANGKO-BANGKO DAN FASILITAS PENUNJANGNYA DI DESA BATU PUTIH KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL), maka kami pemrakarsa (PT. Putra Bangko-Bangko Sejati ) menyampaikan dokumen UKL – UPL dari rencana usaha dan/atau kegiatan dengan benar dan akan mematuhi segala persyaratan dan kewajiban yang telah ditentukan dalam dokumen UKL – UPL ini serta melampirkan copy surat persetujuan prinsip dari Menteri Kehutanan Republik Indonesia  Nomor  : Nomor :S.93/Menhut-II/2011 Tanggal 2 Maret 2011.

I.              IDENTITAS  PEMRAKARSA

1. Nama Perusahaan : PT. Putra Bangko Bangko Sejati
2. Nama Pemrakarsa : Lalu Daryadi
3. Alamat : Jl.Raya Sekotong Lombok Barat
Telepon/Fak : 08175792545 / 081339578144

Email : pbbs_pt@yahoo.co.id

II.            RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN

2.1.       Nama Rencana Usaha dan/atau kegiatan.

Taman Wisata Alam Bangko-Bangko merupakan salah satu wisata Kawasan Pelestarian alam yang berdasarkan fungsinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pariwisata alam, rekreasi, penelitian, pendidikan, budaya, pengawetan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan keunikan alam.

Taman Wisata Alam Bangko-Bangko terletak di desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat telah ditetapkan sebagai kawasan Taman Wisata Alam melalui Surat Persetujuan Prinsip Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor :S.93/Menhut-II/2011 Tanggal 2 Maret 2011.

Lahan untuk kawasan proyek berupa hutan konservasi yang dikelola oleh Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) dengan luas lahan adalah 75 ha didalam kawasan hutan konservasi dari luasan tersebut hanya 10 % atau kurang lebih 4 ha yang diperbolehkan untuk bangunan fisik dengan rencana kegiatan berupa; villa, kios souvenir, restorant, pelabuhan untuk Jetty.

2.2.       Lokasi Rencana Usaha dan/atau kegiatan.

Lokasi proyek Taman Wisata Alam Bangko-Bangko terletak di desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat dengan titik koordinat UTM lokasi rencana kegiatan yaitu antara 374454 mT – 375407 mT dan 9033380 mU -9034753 mU.

Adapun batas-batas wilayah lokasi Taman Wisata alam Bangko-Bangko sebagai berikut  : Utara  Hutan Konservasi, Selatan : Hutan Konservasi, Timur : Laut dan Barat : Hutan Konservasi.

2.3.       Skala Usaha dan/atau kegiatan

1.       Luas Areal      

Berdasarkan Surat Permohonan Rekomendasi bagi Pengajuan Izin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) di Taman Wisata Bangko Bangko Nomor : S.1891/IV/K18/WA/2008 tanggal 5 Desember 2008 Prihal pertimbangan Teknis oleh BKSDA Propinsi Nusa Tenggara Barat dan Persetujuan Prinsip Pengusahaan Pariwisata Alam oleh menteri Kehutanan Nomor :S.93/Menhut-II/2011 Tanggal 2 Maret 2011 telah disetujui untuk mengusahakan pariwisata alam yang berlokasi di Blok Pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) Bangko Bangko seluas ± 75 Ha.

Pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) Bangko Bangko seluas ± 75 Ha dengan rincian :

  1. Pada Blok pemanfaatan intensip seluas ± 50 Ha, lokasi pada areal ini direkomendasikan sebagai pusat akomodasi wisata alam. Maksimum areal kerja yang dapat dibangun untuk  pembangunan fisik adalah 5 Ha (10% dari luas 50 Ha)
  2. Pada Blok Pemanfaatan terbatas seluas ± 25 Ha, lokasi ini akan dijadikan pusat aktifitas wisata alam dan object wisata alam, maksimum areal kerja yang dapat dibangun untuk pembangunan fisik adalah 2,5 Ha (10% dari luas 25 Ha).

2.       Sarana, Prasarana dan Fasilitas lain yang akan dibangun.

Adapun sarana, prasarana dan fasilitas lainya yang akan dibangun dalam kaitannya dengan rencana Taman Wisata Alam Bangko – bangko sebagai berikut  :

Gerbang dan Loket, Plaza, Parkir, Kantor Pengelola Kegiatan Wisata Hutan, Musholla, Toilet, Cafe, Penangkaran Hewan, Gudang Makanan Hewan, Klinik Hewan, Pembibitan, Genset dan Pusat Controll,Camping Graound, Pasar Seni Dan arena Bermain, Kolam Pancing, Menara Pandang, Arena Out Bound, Panggung Terbuka, Out Door Dinning / Gazebo, Club House, Off Road, Gantole / Cable Car, Kantor Pengelola Kegiatan Akomodasi, Fitnes, Salon & Spa, President Suite Villa, Villa VVIP, Villa VIP, Kolam Renang Umum, Bar & Restaurant, Outlet Art Shop, Surfing & Diving Club, Dermaga & Open Deck, Boat Doking House, Reception/Information & Waiting Room/Lobby, Lapangan Footsal, Green House, Jogink Track.

Adapun jasa wisata yang akan dikembangkan antara lain yaitu:

  1. Hotel/Cottage dan Restauran
  2. Jasa wisata tirta :

–     Diving Snorkling

–     Swimming

–     Sun Bathing

–     Wind Surfing

–     Surving

–     Banana Boat

–     Kanoing/Kayak

–     Flying fish

–     Jet ski

–     Parasut

  1. Jasa wisata Outdoor adventure and training facility

–     Outbound (all menus and Flying fox)

–     Gathering

–     ATV Tour

–     Paint ball or air soft gun

  1. Jasa wisata fasilitas rapat dan meeting

–     Ruang rapat/meeting/pertemuan berikut kelengkapannya

  1. Jasa wisata santai:

–     Spa and massage

–     Terapi

Dalam rangka pembangunan Taman Wisata Alam Bangko-bangko perlu diuraikan  tentang unit kegiatan di maksud sebagai berikut  :

a.       Bangunan Villa.

Bangunan Villa yang akan dibangun direncanakan sebanyak 50 unit, villa ini dibangun dipinggir pantai dengan nuansa taman, laut dan hutan disekitarnya. Masing-masing villa dilengkapi dengan 2 kama tidur, kolam renang pribadi, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi / WC dan toilet, teras dengan view laut dan hutan, TV, Kulkas, CD, VCD, Kotak penyimpan barang berharga, dan kamar yang dilengkapi dengan AC, sehingga sangat cocok untuk istirahat bagi keluarga yang ingin menikmati suasana laut dan hutan, serta sofa yang diletakkan diteras untuk menikmati nuansa pantai dan hutan.

b.      Restauran.

Sebagai salah satunya hotel berbintang, maka restaurant yang akan dibangun berada dilereng bukit dengan nuansa pemandangan laut dan hutan serta dengan menyajikan masakan tradisional, masakan nusantara dan masakan international.

c.       Gedung Perkantoran.

Gedung perkantoran yang akan dibangun sebagai tempat kerja untuk kelancaran kegiatan hotel seperti ruang General Manager,ruang chief engineering, chief Acounting, Divition Manager, Executive house keeping serta front office manager, juga dilengkapi dengan ruang mushola untuk ibadah pekerja yang beragama muslim maupun tamu, sekaligus ruang Loby yang digunakan sebagai ruang tunggu dengan dilengkapi dengan sofa, meja ukir, ornament ukiran lainnya sehingga ruangan tampak asri, indah dan menarik.

d.      Gedung Genset.

Gedung Generator dibangun dibawah permukaan tanah, dan dilengkapi dengan dinding peredam dengan maksud mengurangi getaran dan kebisingan dari generator yang dipasang, sehingga tidak mengganggu kenyamanan bagi tamu yang menginap.

e.       Pembuatan Drainase.

Pembangunan drainase yang akan dibangun disekitar bangunan diperuntukkan mengurangi laju run off, sehingga mencegah longsoran tanah.

f.        Pos Keamanan.

Pos keamanan yang akan dibangun diperuntukkan sebagai tempat petugas satuan pengaman (satpam) guna mengamankan lokasi kegiatan dan mengawasi tamu yang keluar masuk hotel.

g.      Pembangunan jalan, Lampu Penerangan keliling dan Pagar keliling.

Pembangunan jalan setapak di lingkungan TWA, akan di buat dengan papin blok, dan pagar keliling akan dibangun dengan menggunakan kawat berduri sebagai pembatas lokasi, sedangkan lampu penerangan jalan akan dibangun pada setiap jalan yang menghubungkan dengan sarana yang lain. seperti; kamar villa dengan loby, kamar villa dengan restorant, gedung kantor dengan ruang Genset, dll.

h.      Pembangunan Jety.

Pembangunan pelabuhan Jety yang akan dibangun sebagai sarana untuk datangnya tamu-tamu dari senggigi maupun dari pulau Bali, dan kelengkapan yang lain untuk kapal sendiri yang membutukan.

i.        Tempat Parkir

Merupakan sarana penunjang tempat parkir kendaraan roda empat dan roda dua untuk menjaga dan mengamankan aktivatas para tamu dan karyawan.

j.        Musholla

Merupakan sarana penunjang tempat melaksanakan ritual (beribadatan) terutama bagi tamu dan karyawan yang menganut agama islam.

k.       Kolam Renang

Merupakan sarana penunjang bagi bangunan Taman Wisata Alam Bangko – bangko yang diperuntukan untuk para tamu yang berkunjung.

l.        SPA

Salah satu aktivitas kebugaran yang disediakan oleh Taman Wisata Alam Bangko – bangko yang merupakan penyediaan jasa kebugaran bagi pengunjung (tamu).

m.    Reboisasi Hutan.

Reboisasi akan dilaksanakan oleh PT. Putra Bangko-Bangko Sejati dengan menanam tanaman endemis seluas 36 ha.

2.4.       Kebutuhan Tenaga Kerja

Kebutuhan tenaga kerja untuk kegiatan kontruksi di perkirakan berjumlah antara 90 – 100 orang yang sebagian besar (75 % ) akan digunakan dari tenaga lokal setempat, terutama tenaga kerja kasar (buruh) yang berasal dari Desa Batu Putih dan sekitarnya. Sisanya 25 % berupa tenaga kerja terampil yang akan menangani pekerjaan teknis yang didatangkan dari daerah lain. Tenaga kerja kasar (buruh) terutama akan diperkerjakan untuk kegiatan penggalian, pemasangan pondasi dan bangunan, pagar, talud pembuatan jalan, drainase dan sebagainya.

Informasi lebih lanjut, Untuk pengurusan dan pembuatan Dokumen UKL-UPL, Hubungi >>>
LEMBAGA PENYEHATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN MATARAM
Contact Person :

Putra : 0817367583

Irfan Handi: 081805768000

email : lpplmataram@yahoo.com

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Juli 17, 2012, in Dokumen Lingkungan, UKL-UPL and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s