Dokumen UKL-UPL ReLife Resort Lombok

I.          IDENTITAS PEMRAKARSA

1. Nama Perusahaan /Instansi :  PT. Relife Property Management
2. Nama Penanggung Jawab   Usaha dan atau Kegiatan :  Hari Susanto, SP
3. Alamat Kantor :  Jl. Gunung Raung No. 6, Kel. Dasan Agung Baru, Mataram.
4. Nomor Telepon/Fax :  087 808 000 987

 II.       RENCANA USAHA DAN/ ATAU KEGIATAN

1. Nama Rencana Usaha dan/ atau Kegiatan :  Pembangunan Hotel dan Villa

2.      Lokasi Rencana Usaha dan/atau Kegiatan :

Hotel dan Villa Relife Resort dengan luas tanah 7.500 m2 dan dengan luas bangunan 3.624,8 m2 terletak di Jl. Senggigi Krandangan, Desa Senggigi, Kec. Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Secara administrasi wilayah tersebut berada di :

Sebelah Utara        : Tanah Milik Haji Saleh;

Sebelah Timur       : Bukit;

Sebelah Selatan    : Rumah Makan;

Sebelah Barat        : Jalan Raya Sengigi ke Mangsit

Berdasarkan koordinat geografis terletak pada koordinat :

08° 29’ 26,2’’ LS/ 116° 02’ 32,8’’ BT

08° 29’ 26,4’’ LS/  116° 02’ 33,9’’ BT

08° 29’ 22,1’’ LS/  116° 02’ 31,4’’ BT

08° 29’ 23,8’’ LS/  116° 02’ 30,4” BT

3.      Skala Usaha Dan atau/Kegiatan

Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Pembangunan Hotel dan Villa Relife Resort,dibangun diatas tanah dengan luas 7.500 m2 dan luas bangunan 3.624,8 m2, yang terletak di Jl. Raya Senggigi Krandangan, Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, kabupaten Lombok Barat.

4.      Sarana dan Prasarana yang akan dibangun :

Sarana dan prasarana yang akan dibangun di Hotel dan Villa Relife Resort berupa bangunan utama, sarana pendukung dan sarana penunjang.. Untuk lebih jelasnya sarana dan prasarana dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Table 1. Sarana Dan Prasarana Relife Resort

NO

Uraian

Jumlah

(Unit)

1. Kantor dan Loby

1

2. Bar/Restoran

1

3. Deluxe dan Standart Room

7 kamar

4. Suite Room

5 kamar

5. Family Room

5 kamar

6. Presiden Room

1 kamar

7. Meeting Room

1

8. Spa dan Gymnasium

1

9. Mess Karyawan

2

10. Dapur

1

11. Kolam renang

1

12. Pos Satpam

1

13. Gudang

2

14. Genset/generator (450 watt)

2

15. Sumur Bor

1

16. Bak penampungan limbah Septic Tank

17

17. Tempat Parkir

1

18. Pagar

Keliling

19. Drainase

 4.1.    Pembangunan Kantor dan Loby

Gedung perkantoran dan Loby  yang akan dibangun sebagai tempat kerja untuk kelancaran kegiatan hotel seperti ruang General Manager,ruang chief engineering, chief Acounting, Divition Manager, Executive house keeping serta front office manager, juga dilengkapi dengan ruang mushola untuk ibadah pekerja yang beragama muslim maupun tamu, sekaligus ruang Loby yang digunakan sebagai ruang tunggu dengan dilengkapi dengan sofa, meja ukir, ornament ukiran lainnya sehingga ruangan tampak asri, indah dan menarik.

 

4.2.    Pembangunan Bar / Restoran

Sebagai salah satunya hotel berbintang, perlu dibangun  restaurant yang akan dibangun berada dalam lokasi hotel serta dengan menyajikan masakan tradisional, masakan nusantara dan masakan international, dengan sebagian beruangan AC dan sebagian tanpa AC, dengan nuansa laut dan hutan dengan kapasitas kurang lebih 100 orang.

4.3.    Pembangunan Kamar

Bangunan kamar hotel  yang akan dibangun direncanakan sebanyak 18 unit, dengan rincian Standart Room/Delux sebanyak : 7 Kamar, Suite Room : 5 Kamar, Family Room : 5 Kamar dan Presiden Room : 1 Kamar dengan nuansa taman disekitarnya, dilengkapi dengan 2 tempat  tidur, kolam renang pribadi, ruang tamu, ruang makan, TV, Kulkas,  Kotak penyimpan barang berharga, dan kamar yang dilengkapi dengan AC, sehingga sangat cocok untuk istirahat bagi keluarga yang ingin menikmati suasana, serta sofa yang diletakkan diteras untuk menikmati nuansa Hotel.

 4.4.    Pembangunan Ruang pertemuan

Ruang pertemuan dibangun dengan kapasitas kurang lebih 50 orang untuk kegiatan rapat maupun acara meeting.

4.5.    Pembangunan Spa dan Gymnasium

Salah satu sarana penunjang untuk aktivitas Spa dan  kebugaran yang disediakan oleh pihak hotel bagi para pengunjung (tamu).

4.6.    Pembangunan Mess Karyawan

Mess Karyawan sebagai tempat istirahat bagi para karyawan.

4.7.    Pembangunan Dapur

Dapur merupakan salah satu sarana penunjang yang diperuntukkan di dalam hotel, sebagai tempat untuk menyiapkan Breakfast maupun hidangan lainnya bagi para tamu dan makan para karyawan.

4.8.    Pembangunan Kolam Renang

Merupakan sarana penunjang bagi hotel berbintang yang  diperuntukan untuk para tamu yang berkunjung

 4.9.    Pembangunan Pos Satpam

Pos keamanan yang akan dibangun diperuntukkan sebagai tempat petugas satuan pengaman (satpam) guna mengamankan lokasi kegiatan.

4.10. Pembangunan Gudang

Pembangunan Gudang diperuntukkan menyimpan barang-barang yang sudah tidak dipergunakan lagi tapi masih berharga juga menyimpan barang-barang yang masih berharga.

4.11. Pembangunan Ruang Genset

Gedung Generator dibangun dibawah permukaan tanah, dan dilengkapi dengan dinding peredam dengan maksud mengurangi getaran dan kebisingan dari generator yang dipasang, sehingga tidak mengganggu kenyamanan bagi tamu yang menginap.

4.12. Pembangunan Bak penampung limbah Septic tank/IPAL

Pembangunan bak septic tank/IPAL dibangun ditiap kamar dengan menggunakan tiga bak yaitu penampung, pengolah/penghancur dan peresapan.

4.13. Pembangunan Pagar Keliling

Pembangunan Pagar keliling dengan tembok keliling dan pagar depan dengan ornament-ornamen yang menarik.

4.14. Pembangunan Parkir

Merupakan sarana penunjang tempat untuk melaksanakan kendaraan roda empat dan roda dua untuk menjaga dan mengamankan aktivatas para tamu dan karyawan

4.15. Pembangunan Drainase.

Pembangunan drainase yang akan dibangun disekitar bangunan diperuntukkan mengurangi laju run off, sehingga mencegah longsoran tanah.

5.      Kebutuhan Tenaga Kerja:

Kebutuhan tenaga kerja untuk kegiatan konstruksi diperkirakan berjumlah 80 orang. Sebagian besar (75%) akan direkrut dari tenaga lokal, terutama tenaga kerja kasar (buruh) bangunan yang berasal dari, Desa Sengigi dan sekitarnya. Sisanya 25%, berupa tenaga kerja terampil yang akan menangani pekerjaan teknis, di ambil dari daerah lain. Tenaga kerja kasar (buruh) terutama akan dipekerjakan untuk kegiatan penggalian, pemasangan pondasi bangunan, fasilitas lainnya sampai konstruksi berlangsung ± 6 (enam) bulan, sedangkan bulan ketujuh diperkirakan masuk ketahap finising bangunan, maka jumlah tenaga kerja sedikit demi sedikit dikurangi jumlahnya. Sementara pekerjaan – pekerjaan seperti pemasangan mesin, penataan taman, dan lain – lain memerlukan tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus. Sedangkan untuk tenaga kerja pada tahap Operasional sebanyak 30 orang dengan kualifikasi dan spesifikasi tertentu.

6.      Garis Besar Komponen Rencana Usaha dan/atau Kegiatan

Rencana usaha dan/atau kegiatan pembanguanan Hotel dan Villa Relife Resort, akan dimulai pada tahun 2012 pada areal seluas 7.500 m2 dengan luas bangunan sebesar 3.624,8 m2  dilengkapi fasilitas lain berupa Bar dan Restoran, dapur, kolam renang, dan lain sebagainya. Pembangunan Hotel dan Villa Relife Resort  meliputi empat  tahap, yaitu : Tahap Prakontruksi, Tahap Kontruksi, Tahap Operasi, dan Pascaoperasi. Masing–masing tahap tersebut diprediksikan akan memberikan dampak terhadap perubahan lingkungan hidup.

6.1.   Kegiatan Tahap Prakontruksi

a.  Pengurusan Perijinan dan Sosialisasi Rencana Usaha/Kegiatan.

 

1. Perijinan

Perijinan peruntukan penggunaan lahan untuk pembangunan Hotel dan Villa Relife Resort di antaranya, (a) Ijin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lombok Barat Nomor : 503.A1/428/BP2T-LB/XI/2011 tanggal 25 Nopember 2011; (b) Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lombok Barat       nomor: 503.A2/465/BP2T/XII/2011 tanggal                 22 Desember  2011.

2. Sosialisasi Recana Usaha/Kegiatan

Sosialisasi rencana usaha/kegiatan dimaksudkan untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai rencana pembangunan Hotel dan Villa Relife Resort, dan pentingnya keberadaan usaha tersebut bagi perekonomian masyarakat daerah, serta dampak-dampak yang ditimbulkannya, baik dari segi positif maupun negatif.

Informasi lebih lanjut, Untuk pengurusan dan pembuatan Dokumen UKL-UPL, Hubungi >>>
LEMBAGA PENYEHATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN MATARAM
Contact Person :

Putra : 0817367583

Irfan Handi: 081805768000

email : lpplmataram@yahoo.com

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Juli 17, 2012, in Dokumen Lingkungan, UKL-UPL and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s