DPLH Hotel Puri Saron Lombok

1.      Penanggung Jawab Kegiatan

1.1.      Nama Perusahaan : PT. PURI SARON

1.2.      Penanggung jawab : DR. I KETUT PUTRA SUARTHANA, MM

1.3.      Alamat Perusahaan : Jl. Raya Kerandangan, Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa tenggara Barat

Tlp/ Fax : 0370-693444/693092 

2.      Lokasi Kegiatan Usaha  dan /atau kegiatan

Wilayah adminstrasi pemerintah :

Secara administrasi lokasi usaha jasa penginapan/ perhotelan “ Hotel Puri Saron “ terletak di Jl. Raya Kerandangan, Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa tenggara Barat.

Koordinat geografis

Berdasarkan koordinat geografis terletak pada koordinat : 8028`29.03” LS  dan 116002`18.94” BT. Peta lokasi Hotel “ Puri Saron “ disajikan pada gambar 1.

3.      Bidang Usaha dan/ atau kegiatan :

Berdasarkan keputusan menteri Negara penggerak Dana investasi/ ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal No. Kep.18/ITUH/VI/DIR/ 1997 tanggal 17 Juni 1997 menetapkan bahwa Puri Saron bergerak dalam bidang jasa Hotel  dan sesuai dengan Ijin Operasional Usaha Hotel Bintang yang dikeluarkan Badan Pelayanan Perijinan terpadu Kabupaten Lombok Barat Nomor : 503.B1/002/BP2T-LB/2010 Hotel Puri Saron diputuskan sebagao Hotel Bintang 3 (tiga) dengan jumlah kamar 49 (Empat Puluh Sembilan). dengan golongan kelas hotel bintang 4 (empat) (Lampiran 1).

4.      Mulai beroperasi :

Puri Saron mulai beroperasi sejak bulan April tahun 1997 sesuai dengan Surat Permintaan Izin Tetap Usaha Hotel Puri Saron Nomor : 003/PS/IV/97 Tanggal 5 April 1997 dan Berdasarkan Keputusan dari Kepala kantor Departemen Pariwisata, Pos dan telekomunikasi Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 1047/B.2/1997 Tanggal 21 januari 1997. (Lampiran 1).

5.      Deskripsi usaha dan/ atau kegiatan :

a)      Kegiatan utama :

Puri Saron bergerak dalam bidang usaha dan/ atau kegiatan jasa penginpan/ perhotelan. Berdasarkan fasilitas dan berdasarkan kegiatan usaha, Hotel “ Puri Saron “ merupakan sejenis hotel dengan kategori “ bintang tiga” dengan seluruh fasilitas penginapan / hotel  dikelola secara komersial. Jumlah karyawan yang dipekerjakan sebanyak 49 orang.

Ijin kegiatan operasional  usaha hotel bintang oleh Hotel “ Puri Saron “ berpijak pada Ijin Operasional Usaha Hotel Bintang yang dikeluarkan Badan Pelayanan Perijinan terpadu Kabupaten Lombok Barat Nomor : 503.B1/002/BP2T-LB/2010

b)     Kegiatan Pendukung :

  • Usaha Restaurant :

Usaha restaurant adalah salah satu jenis usaha dibidang jasa pangan yang bertempat disebagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk pembuatan, penyimpanan, penyajian, dan penjuala makanan dan minuman untuk umum dan atau tamu Hotel. Pengusaha restaurant meliputi jasa pelayanan makan dan minuman kepada tamu restaurant sebagai usaha pokok dan jasa hiburan didalam bangunan restaurant sebagai penunjang yang tidak terpisahkan dari usaha pokok sesuai dengan ketentuan dan persyaratan teknis yang ditetapkan. Usaha restaurant dipimpin oleh seorang manager dan bertanggung jawab atas penyelenggaraan usaha restaurant tersebut.

  •  Bar

Di samping usaha restaurant ada usaha untuk menjual makanan dan minuman yang beersifat outdoor seperti BAR. Ada dua Bar masing-masing kapasitas 50 dan 40 tempat duduk. Di samping itu ada fasilitas arena outdoor yang dapat digunakan untuk secara pesta, pernikahan yang dapat menampung 1500 dengan luas areal 10 ha.

  • Kolam Renang

Kolam renang merupakan bagian dari pusat kebugaran jasmani atau taman rekreasi dalam kegiatan usaha jasa perhotelan ijin pemanpaatan air bawah tanah berdasarkan ijin dari dinas pertambangan Kabupaten Lombok Barat Nomor 540/81786/PU-PE/06/2009 yang disajikan pada lampiran 3. Kolam renang yang dimiliki Puri Saron terdiri dari dua jenis kolam renang yaitu satu kolam renang untuk anak-anak dan satu untuk dewasa, dan kedua kolam renang terletak saling berdekatan .kapasitas air 1200 m3.

  • Usaha Kebugaran dan SPA

Salah satu pasilitas kebugaran yang di sediakan oleh Puri Saron adalah penyediaan jasa uasaha SPA usaha ini kebugaran memberikan layanan spa, pijat, sepeda dan pitnes.

c)      Kapasitas

Luas Araal “ Puri Saron “ lebih kurang 8,323 m2 dengan memiliki jumlah fasilitas yang terdiri dari:

1.     Garden

Di tengah kamar kami memiliki taman yang indah dengan semua jenis Vegetasi tropis dan banyak tanaman eksotis, terkenal karena taman ini dirawat dengan baik di seluruh dunia.

2.    SPA Aromaterapi

Cempaka Spa tersedia untuk memenuhi salah satu kebutuhan Anda, melayani Anda dalam macam pengobatan. Para staf ramah akan membuat Anda merasa sentuhan unik dari keterampilan mereka yang berpengalaman dan profesional

3.    Ruang Rapat

4.    Restoran & Bar

Restoran kami dan bar terletak di dekat kolam renang dan memiliki laut dan pemandangan taman. Menu kami adalah menawarkan pilihan hidangan yang paling terkenal dari Lombok, Cina dan Eropa.

*** Dari jam 07.00 sampai Sarapan 10.00

*** Makan siang dari 12,00 sampai 15,00

*** Makan malam dari 18.00 sampai pukul 23.00

5.      Ruang

  • Superior Room (25 kamar)

Terdiri dari 11 kamar dengan tempat tidur King Size, 14 kamar dengan twin bed. Kamar yang nyaman dengan taman atau pemandangan laut, tempat tidur ukuran king, AC, ruang untuk telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan / atau bak mandi, air dingin dan panas berjalan, televisi Channel lokal & Internasional, meja rias.

  • Deluxe Room (16 kamar)

Terdiri dari 8 kamar dengan tempat tidur King Size, 8 kamar dengan tempat tidur Twin Kamar luas dan nyaman dengan pemandangan taman, khusus tidur kembar dalam gaya Lombok, refry untuk meja, AC, ruang untuk telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan bak mandi, air dingin dan panas berjalan, saluran televisi lokal Internasional

  • Bungalow (4 kamar)

Bungalow (4 kamar) semua kamar dengan tempat tidur King Size
Bungalow kami juga terletak di dekat kolam renang. Ukuran tempat tidur, refry untuk meja, AC, ruang untuk telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan bak mandi, air dingin dan panas berjalan, saluran televisi lokal & Internasional, teras pribadi di tengah-tengah hijau, meja rias.

  • Suite (3 kamar)

Suite (3 kamar) semua kamar dengan tempat tidur king size
Para suite yang luas dilengkapi dengan semua kenyamanan yang fasilitas meja makan, kursi pribadi Anda sendiri dengan tempat tidur sofa, raja-ukuran dalam gaya Bali dengan tirai melawan nyamuk, refry untuk meja, ruang AC, ke telepon kamar, kamar mandi dengan shower dan bak mandi, air dingin dan panas berjalan, televisi Channel lokal & Internasional, meja rias. Suite memiliki laut yang indah dan pemandangan taman.

6.      Kolam Renang

Berenang di kolam renang kami ketika Anda membutuhkan penyegaran tersebut. Handuk gratis 

d)     Sarana Penunjang

1. Layanan Hotel

  • Ø Rental mobil,
  • Ø Layanan Taksi
  • Ø Layanan Binatu,

Layanan harian tersedia dengan cucian kembali keesokan harinya. Untuk biaya tambahan ekstra juga memungkinkan untuk memiliki cucian dalam hari yang sama.

  • Kedokteran
    Puri Saron berafiliasi dengan klinik terdekat yang menawarkan dokter bantuan yang tersedia 24 jam.
  • Antar-Jemput
    Kami menyediakan sering antar-jemput gratis ke daerah Senggigi setiap hari untuk mengambil dan menjemput tamu dari titik pertemuan diatur

2. Ruang Layanan

Di kamar Anda, kami menyajikan menu khusus untuk kartu layanan kamar, tersedia 24 jam sehari dengan menghubungi ext. 7 untuk membuat pesanan Anda.

3. Sistem pengondisian udara

Lokasi Hotel “ Puri Saron “ terletak di kawasan pariwisata senggigi yaitu di pinggir pantai. Pada lokasi tersebut suhu udara bisa mencapai 360 C. Untuk mengantisipasi kebutuhan ruang yang nyaman maka digunakan system pengkondisian udara mekanis (AC). Dengan menggunakan AC maka suhu udara dapat di atur pada rentang 9 – 260 C. sedangkan di dapur hotel, system pengkondisian udara menggunakan system sirkulasi ( udara masuk dan keluar )

4. Sistem Pemadam Kebakaran

Untuk melindungi atau mengurangi dampak kerusakan terhadap bahaya kebakaran maka diperlukan langkah – langkah preventif (pencegahan) antara lain dengan melakukan penyediaan hydrant & fire estinguiser. Penyediaan hidran dan alat pemadam kebakaran di letakkan di setiap bunglow pada hotel dengan tekana air maksimal 7 bar. Untuk deteksi dini adanya kebakaran menggunakan system penditeksi dini asap dan api.

 5. Sitem Akustik

Perencanaan system yang baik akan memberikan kenyamanan dalm bangunan. Gedung gedung yang befungsi sebagai aktifitas kerja dan funhsi khusus lainnya yang membutuhkan kosentrasi dan ketenangan akan sangat membutuhkan perancangan system akustik yang baik. Sumber suara yang dapat menyebabkan kegaduhan didalam area Hotel “ Puri Saron “ antara lain berasal dari suara alam, suara manusia, genset (kadang-kadang) dan suara dari bar. Pada ruang khusus seperti ruangan pada ruang pestayang diisi acara musik diperlukan peredam khusus untuk menghindari/mengurangi kebisingan. Teknik peredamnya menggunakan konstruksi dinding rangkap (Double cladding wall) clan berlapis peredam suara (glasswool) 

e)      Sistem Utilitas Bangunan dan Lingkungan

Sistem utilitas dan bangunan yang dimaksud ialah sitem air bersih, system pengadaan daya listrik, dan system sanitasi dan drainase lingkungan

1. Sitem Air Bersih

Kebutuhan air bersih hotel bersumber dari pemanfaatan air bawah tanah melalui pengeboran dan disuplay dari air PAM. digunakan terlebih dahulu diolah. Air ang bersumber dari pengeboran air bawah tanah ssebelum sesuai dengan mutu air bersih. Air tanah yang dipompa, ditampung dalam bak penampung air yang ada dalam bak penampung selanjutnya ditreatmen melalui peruses pengendapan kemudian dilakukan filterisasi dengan filter pasir dan karbon (sand filter dan karbon filter) sampe mencapai kelas baku mutu air bersih (sesuai Keputusan Mentri Kesehatan RI no 416/MENKES/PER/X1/1987 tentang Baku Mutu Kualitas Air Bersih ). Setelah air baku mencapai baku mutu air bersih kemudian di pompa menuju tower air untuk kemudian secara geravitasi distribusikan keseluruh bangunan (Down Feed System). Air dari pam sbelum digunakan juga di lakukan treatmen seperti air tanah dari hasil pengeboran yaitu ditampung dalam bak kemudian di lakukan pegendapan dan Filterisasi. Jumlah pemakean air tiap bulan ±15000 m3. pemakaian jumlah air ini unutk kebutuhan kamar hotel, dapur, laundry dan kolam renang

2. Pengadaan listrik               

Sumber tenaga listrik di Hotel Puri Saron terdiri dari PLN dan          pembagkit listrik mandiri (genset/diesel). Pengunaan genset sebagai sumber tenaga listrik jika dalam keadaan darurat seperti pemadaman listrik dan gangguan listrik PLN dan keadaan darurat lainnya. Daya ter pasang dari PLN sebesar 1200 KVA dengan pemakaian listrik sebesar 125.000 KWH. Penyediaan listrik secara mandiri disuplai oleh 1 genset dengan kapasitas masing-masing 500 KVA.jumlah BBM tang di gunakan dalam suatu bulan dalam menjalankan genset adalah 1500 liter.

Pendistribusian diprioritaskan untuk mejaga system PABX. System tata surya selasar (jalur sirkulasi antar ruang). Function room, ruang makan, lobi, drop off  area dan recepcionist, sisterm pengkondisian udara dan pegerangan ruang tidur (sebagai kegiatan utama Puri Saron) tidak mengalami ganguan dalam pengoprasian hotel.

f)       Sistem Sanitasi Lingkungan

Puri Saron dipastikan dalam oprasionalnya menghasilkan bahan sisa atau bahan bangunan (limbah). Sumber limbah dapat berasal dari unit-unit kegiatan seperti kamar tidur, kamar mandi/WC, ruang rapat, dapur, restaurant, dan ruang genset, limbah-limbah tersebut dapat berupa limbah padat, cair dan gas yang akan berdampak terhadap gangguan kesehatn, pencemaran tanah dan air serta pencemaran udara/penurunan kualitas udara terhadap munculnya dampak tersebut akan di lakukan peggelolaan dan pemantauan lingkungan yan termuat dalam dokumen pengolaan lngkungan hidup (DPLH) ini.

Adapun jenis limbah yang di hasilkan dari Puri Saron terdiri dari:

Air kotor dari WC/ kamar mandi

Air kotor yang berasal dari toilet dialirkan melalui pipa PVC  3” ke septictank limbah cair masing-masing bangunan hotel (individual septictank). Air kotor dalam septictank akan mengendap kedalam tanah secara alami. Sedangkan air limbah dari bekas mandi kamar hotel di buang keperesapan.

            Limbah dari restoran

Limbah air kotor yang berasal dari restoran di lakukan pngolahan secara bertahap dengan sistem sewage streatmen plan/wastewater treatman plant (STP/WWT). Limbah cair yang berasal dari dapur, restaurant dan laundry ditampung pada bak di bawah permukaan tanah (tank) untuk aerasi yang selanjutnya di alirkan ke tank kedua dan ketiga untuk dilakukan pemfilteran secara difusi. Selanjutnya pada tank kelima limbah cair ditreatment secara biologi dengan pemberian bakteri dan tahapan terakhir dialirkan ke tank selanjutnyab sebagai tempat pemompaan air limbah yang sudah diolah. Air limbah yang sudah diolah kemudian digunakan untuk menyiram rumput di sekitar hotel.

Limbah Padat (limbah domestic)

Limbah padat/ limbah domestic dapat berupa sisa makanan, kertas, plastik, botol minuman dan limbah tanaman. Limbah/ sampah domestik yang berasal  dari dapur, restaurant, kamar hotel dan, kantin, akan ditempatkan pada tempat penampungan sampah sementara. Semua sampah domestic dimasukkan dalam karung plastic dan kemudian diangkut oleh petugas dari kantor Kebersihan dan Tata Kota Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Rata-rata jumlah limbah domestic yang berasal  dari  Puri Saron setiap harinya adalah sebanayak 250 kg.

Informasi lebih lanjut, Untuk pengurusan dan pembuatan Dokumen UKL-UPL, Hubungi >>>
LEMBAGA PENYEHATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN MATARAM
Contact Person :

Putra : 0817367583

Irfan Handi: 081805768000

email : lpplmataram@yahoo.com

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Juli 18, 2012, in Dokumen Lingkungan, DPLH and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: