DPLH The Office Bar dan Restaurant Senggigi Lombok

1.    Penanggung Jawab Kegiatan

1.1.    Nama Perusahaan : PT. LOMBOK SUTTON

1.2.    Penanggung jawab : JOHN HOWARD SINGLETON

1.3.    Alamat Perusahaan : Jl. Raya Senggigi Komplek Pasar Seni, Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB.

2.    Lokasi Kegiatan Usaha  dan /atau kegiatan

Wilayah adminstrasi pemerintah :

Secara administrasi lokasi usaha “The Office Bar dan Restaurant” terletak di Jl. Raya Senggigi Komplek Pasar Seni, Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB. 

Koordinat geografis

Berdasarkan koordinat geografis terletak pada koordinat : 8029`46,8” LS  dan 116002`40,2” BT sampai dengan 8029`48,1” LS  dan 116002`41,4” BT. Peta lokasi  “The Office Bar dan Restaurant”  disajikan pada gambar 1.

3.    Bidang Usaha dan/ atau kegiatan :

PT Lombok Sutton disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : C-11589 HT.01.01 TH.2002 mengesahkan akta pendirian Perseroan Terbatas.

Berdasarkakn Tanda Daftar Perusahaan perseroan Terbatas Nomor : 230415500412, mennyebutkan PT Lombok Sutton memiliki kegiatan usaha pokok Akomodasi  dan Restoran. Sedangkan menurut petika Keputusan Bupati Lombok Barat, Nomor : 278 Tahun 2008 PT Lombok Sutton diberikan Izin Operasional usaha Restaurant dengan nama “The Office Bar dan Restaurant”.

4.    Mulai beroperasi :

“The Office Bar dan Restaurant” mulai beroperasi pada Bulan Oktober 2008 berdasarkan Izin Operasional usaha Restauran PT. Lombok Sutton. Yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat Nomor : 278 Tanggal 20 Oktober 2008 dengan mempekerjakan 18 orang Karyawan

5.    Deskripsi usaha dan/ atau kegiatan :

a)    Kegiatan utama :

Kegiatan Utama PT. Lombok Sutton adalah Restoran. Restoran adalah salah satu usaha jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan yang permanen dilengkapi dengan peralatan dan perlengakapan untuk prose pembuatan, penyimpanan, penyajian dan penjualan makanan dan minuman bagi umum ditempat usahanya;

b)   Kegiatan Pendukung :

Kegiatan pendukung PT. Lombok Sutton adalah Bar. sebuah mini-bar dalam bentuk counter dan terdiri dari kulkas kecil diisi dengan berbagai persediaan jenis minuman keras, minuman beralkoholbir, anggur , minuman keras untuk konsumsi di tempat.

c)    Kapasitas

1)     Restoran

Restoran yang ada di The Office Bar & Restoran memiliki luas ± 200 m2 dengan jumlah tempat duduk 48 kursi, dengan 12 buah meja.

2)     Bar

Bar yang ada di The Office Bar & Restoran merupakan minibar dengan kapasitas 10 kursi dan satu meja setengah lingkaran.

d)   Sarana Penunjang

1)     Bangunan/Kantor

Bangunan The Office Bar & Restoran terdiri dari 2 (dua) unit bangunan. Bangunan sebelah timur merupakan bangunan kantor yang masih dalam tahap renovasi, sedangkan bangunan sebelah Barat merupakan bangunan utama tempat kegiatan bar dan restoran.

Lokasi bangunan utama Bar & Restoran terletak pada lokasi yang terhindar dari pencemaran yang diakibatkan antara lain oleh debu, asap, serangga dan tikus.

Ruangan harus ditata sesuai dengan fungsinya, sehinngga memudahkan arus tamu, arus karyawan, arus bahan makanan dan makanan jadi serta barang-barang lainnya yang dapat mencemari terhadap makanan.

2)     Dapur

Luas dapur >40% dari ruang makan atau 27% dari luas bangunan, Permukaan lantai dibuat cukup landai ke arah saluran pembuangan air limbah, Permukaan langit-langit harus menutup seluruh atap ruangan dapur, permukaan rata, berwarna terang dan mudah dibersihkan, penghawaan dilengkapi dengan alat pengeluaran udara panas maupun bau-bauan /ex hauster yang dipasang setinggi 2 (dua) meter dari lantai dan kapasitasnya disesuaikan dengan luas dapur.

Tungku dapur dilengkapi dengan sungkup asap (hood), alat perangkap asap, cerobong asap, saringan dan saluran serta pengumpulan lemak, daun pintu bagian dalam dilengkapi dengan alat pencegah masuknya serangga yang dapat menutup sendiri.

3)     Ruang Makan.

Ruang makan di The Office Bar & Restoran, dilengkapi dengan Meja, kursi dan taplak meja dalam keadaan bersih, dan terhindar dari pencemaran, tidak mengandung gas-gas beracun, tidak berhubungan langsung dengan jamban/WC, peturasan/urinoir, kamar mandi dan tempat tinggal, bebas dan serangga, tikus dan hewan lainnya.

4)     Sarana Penyediaan Air bersih

Air bersih diperoleh dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan telah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang berlaku, jumlahnya cukup memadai untuk seluruh kegiatan dan tersedia pada setiap tempat kegiatan.

5)     Toilet

Letak toilet The Office Bar & Restoran di tidak berhubungan langsung (terpisah dari) dengan dapur, ruang persiapan makanan, ruang tamu dan gudang makanan.

Di dalam toilet harus tersedia jamban, peturasan dan bak air, toilet untuk wanita terpisah dengan toilet untuk pria, toilet dibersihkan dengan detergen dan alat pengering, tersedia cermin, tempat sampah, tempat abu rokok serta sabun.

Luas lantai cukup untuk memelihara kebersihan, Lantai dibuat kedap air, tidak licin mudah dibersihkan kelandaiannya/ kemiringannya cukup, ventilasi dan penerangan baik, air limbah dibuang ke septic tang, riol atau lubang peresapan yang tidak mencemari air limbah, tersedia tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan bak penampung dan saluran pembuangan, di dalam kamar mandi tersedia bak dan air bersih dalam keadaan cukup, peturasan dilengkapi dengan air yang mengalir, jamban harus dibuat dengan tipe leher angsa dan dilengkapi dengan air penggelontor yang cukup serta sapu tangan kertas (tissue).

6)     Sarana Tempat cuci tangan.

Tersedia tempat cuci tangan khusus untuk tamu dengan kelengkapan seperti tempat cuci tangan, fasilitas cuci tangan ditempatkan berdekatan dengan tempat makan sedemikian rupa sehingga mudah dicapai oleh tamu, fasilitas cuci tangan dilengkapi dengan air yang mengalir, bak penampung yang permukaannya halus, mudah dibersihkan dan limbahnya dialirkan ke saluran pembuangan yang tertutup.

7)     Sarana Pembuangan air limbah

Sistim pembuangan air limbah baik, saluran terbuat dari bahan kedap air, tidak merupakan sumber  pencemaran, karena memakai sistim saluran tertutup, septictank, sistim perpipaan memenuhi persyaratan menurut Pedoman Plumbing Indonesia.

Saluran air limbah dan dapur dilengkapi perangkap lemak (grease trap).

8)     Sarana Tempat Sampah

Tempat sampah dibuat dari bahan kedap air, tidak mudah berkarat mempunyai tutup dan memakai kantong plastik khusus untuk sisa-sisa bahan makanan dan makanan jadi yang cepat membusuk, jumlah dan volume tempat sampah sesuai dengan produk sampah yang dihasilkan pada setiap tempat kegiatan.

Tersedia pada setiap tempat/ruang yang memproduksi sampah, sampah sudah harus dibuang dalam waktu 24 jam dari restoran.

9)     Tempat Mencuci Bahan Makanan.

Tempat mencuci peralatan berupa wastafe terbuat dari bahan yang kuat, aman, tidak berkarat dan mudah dibersihkan, tempat pencuci peralatan dihubungkan dengan saluran pembuangan air limbah, bak pencucian terdiri dari bilik/bak pencuci yaitu untuk mengguyur, menyabun membilas.

10)  Tempat mencuci peralatan

Tempat mencuci peralatan berbentuk wastafe terbuat dari bahan yang kuat, aman, tidak berkarat dan mudah dibersihkan, bahan makanan dicuci dengan air mengalir, tempat pencucian dihubungkan dengan saluran pembuangan air limbah.

11)  Penyimpanan Bahan Makanan.

Tempat penyimpanan bahan makanan selalu  terpeliharadan dalam keadaan bersih, penempatan terpisah dengan makanan jadi, penyimpanan bahan makanan diperlukan untuk setiap jenis bahan makanan.

Bahan makanan disimpan dalam aturan sejenis, disusun dalam rak-rak sedemikian rupa sehingga tidak mengakibatkan rusaknya bahan makanan, bahan makanan yang masuknya lebih dahulu dikeluarkan duluan sedangkan bahan makanan yang masuk belakangan dikeluarkan belakangan (First in first out).

12)  Penyimpanan Makanan Jadi.

Penyimpanan bahan makanan terlindung dan debu, bahan kimia berbahaya, serangga dan hewan, makanan cepat busuk disimpan dalam suhu panas 65,5°C atau lebih, atau disimpan dalam suhu dingin 40 C atau kurang, makanan cepat busuk untuk penggunaan dalam waktu lama (lebih dari 6 jam) disimpan dalam suhu —5 °C sampai — 1 °C.

13)  Peralatan

Jenis peralatan yang digunakan di The Office Bar & Restoran yang kontak langsung dengan makanan tidak mengeluarkan zat beracun yang melebihi ambang batas sehinga tidak membahayakan kesehatan.

Cara pencucian menggunakan sabun/detergen, air dingin, air panas, sampai bersih. Pengeringan peralatan yang sudah didesinfeksi ditiriskan pada rak-rak anti karat sampai kering sendiri dengan bantuan sinar matahari atau sinar buatan/mesin dan tidak dilap dengan kain.

Penyimpanan peralatan yang kontak dengan makanan disimpan dalam keadaan kering dan bersih, cangkir, mangkok, gelas dan sejenisnya.

Cara penyimpanannya dibalik, rak-rak penyimpanan peralatan dibuat anti karat, rata dan tidak aus/rusak, laci-laci penyimpanan peralatan peralatan terpelihara kebersihannya. Ruang penyimpanan peralatan tidak lembab, terlindung dan sumber pengotoran/kontaminasi dari binatang perusak.

14)  Gudang Gas

Gudang gas yang ada di The Office Bar dan Restoran merupakan bangunan kecil terletak dibelakang dapur restoran untuk menyimpan Elpiji sebagai bahan bakar untuk memasak.

15)  Gudang Peralatan

Gudang peralatan dipergunakan untuk menyimpan barang-barang dan peralatan.

16)  Meja Kerja

Meja Kerja terbuat dari bahan kedap air, tidak mudah berkarat.

17)  Meja Bilyard

Biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil

Informasi lebih lanjut, Untuk pengurusan dan pembuatan Dokumen UKL-UPL, Hubungi >>>
LEMBAGA PENYEHATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN MATARAM
Contact Person :

Putra : 0817367583

Irfan Handi: 081805768000

email : lpplmataram@yahoo.com

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Juli 18, 2012, in Dokumen Lingkungan, DPLH and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: