Dokumen UKL-UPL PT. BOSOWA TERMINAL MATARAM

UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

DAN UPAYA PEMANTAUAN LINGKUNGAN HIDUP (UKL-IPL)

PT. BOSOWA TERMINAL MATARAM

PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 13 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL), maka kami selaku pemrakarsa menyampaikan dokumen UKL-UPL dari PT. BOSOWA TERMINAL MATARAM, dengan rencana usaha dan atau/kegiatan Pembangunan Terminal Semen Bosowa Bosowa  di Kawasan Pelabuhan Lembar Kecamatan Lembar Kebupaten Lombok Barat. Pemrakarsa akan mematuhi semua persyaratan dan kewajiban yang telah ditetapkan dalam dokumen UKL – UPL ini serta ijin dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah dikeluarkan oleh dinas dan/atau instansi terkait dengan rencana usaha ini.

 

I. IDENTITAS PEMRAKARSA

Adapun identitas dari pemrakarsa adalah sebagai berikut  :

1.1. Nama Perusahaan        : PT. BOSOWA TERMINAL MATARAM

1.2. Nama Pemrakarsa        : Andi Kangnata

1.3. Jabatan                             : Direktur

1.4.       Alamat Kantor          : Jln. Sandubaya Blok U Nomor 39 Bertais Mataram Kota Mataram

1.5.  Telp.                                :

II . RENCANA USAHA  DAN/ATAU KEGIATAN

Dalam melakukan usaha/kegiatan Pembangunan Terminal Semen Bosowa  di Kawasan Pelabuhan Lembar Kecamatan Lembar Kebupaten Lombok Barat selalu memperhatikan dan mempertimbangkan aspek lingkungan. Berkenaan dengan hal itu, maka dalam melakukan kegiatan Pembangunan Terminal Semen Bosowa  di Kawasan Pelabuhan Lembar Kebupaten Lombok Barat dilengkapi dengan arahan-arahan pengelolaan dan pemantauan lingkungan selama dan setelah kegiatan pembangunan (operasional) berlangsung. Arahan-arahan pengelolaan dan pemantauan lingkungan tertuang dalam sebuah dokumen “Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL – UPL). Pada dasarnya dikumen UKL – UPL yang dilaksanakan oleh pemrakarsa Pembangunan Terminal Semen Bosowa  di Kawasan Pelabuhan Lembar Kebupaten Lombok Barat merupakan dokumen teknis kelayakan lingkungan yang berisi arahan-arahan lingkungan dalam mencegah, meminimalisasi, mengendalikan, dan menganggulangi dampak negatif, serta mempertahankan dan meningkatkan dampak positif mulai dari pembangunan sampai dengan beroperasinya Terminal Semen Bosowa Mataram.

2.1.       Nama Rencana Usaha dan/atau Kegiatan

“Pembangunan Terminal Semen Bosowa di Kawasan Pelabuhan Lembar Kebupaten Lombok Barat”

2.2.       Lokasi Rencana Usaha dan/atau Kegiatan

Lokasi rencana Terminal Semen Bosowa curah berada di dalam kawasan Pelabuhan Lembar, Dusun Puyahan Desa Lembar Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan jarak tempuh dari ibukota kabupaten Lombok Barat di Gerung 14,5 km, sedangkan dari Mataram ibukota Pemerintah Provinsi dengan jarak 30 km. Secara geografis terletak pada posisi : 080 43’ 25” LS dan 1160 04’ 17” BT. Lokasi ini terletak di dalam Teluk Labuhan Tereng di Pulau Lombok  Status sewa lahan lokasi terminal ini adalah milik Pelabuhan Lembar.

Adapun batas-batas lokasi ini adalah sebagai berikut :

–          Sebelah Barat          : Lahan Kosong.

–          Sebelah Timur         : Silo Ondocement.

–          Sebelah Utara          : Tebing Bukit.

–          Sebelah Selatan       : Laut.

Luas areal lokasi terminal 8.000 m2, dengan memperhatikan perbandingan kawasan terbangun 70% dan ruang terbuka hijau 30% dari luas areal yang ada.

Gambar 2.1. Sedangkan secara administratif berada di Dusun Puyuhan, Desa Lembar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

2.3.    Skala Usaha dan/atau Kegiatan

Skala usaha Terminal Semen Bosowa Curah oleh PT. Bosowa Terminal Mataram di kawasan pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Luas areal lokasi terminal 8.000 m2, dengan memperhatikan perbandingan kawasan terbangun 30% dan ruang terbuka hijau 70% dari luas areal yang ada meliputi :

1. Bangunan Silo dan Packing Plant dengan steel silo kapasitas 7.500 ton, Central building control, Packer machine, bag filter, air handing unit, bucket elevator, civil work, weight bridge, utility.

2. Kantor Administrasi/pengelola

3. Pos jaga/keamanan

4. Taman dan Penghijauan lingkungan

Kebutuhan tenaga kerja untuk kegiatan konstruksi diperkirakan berjumlah 100 orang. Sebagian besar (75%) akan direkrut dari tenaga lokal, terutama tenaga kerja kasar (buruh) bangunan yang berasal dari dusun Puyuhan, Desa Lembar dan sekitarnya. Sisanya 25%, berupa tenaga kerja terampil yang akan menangani pekerjaan teknis, di ambil dari daerah lain. Tenaga kerja kasar (buruh) terutama akan dipekerjakan untuk kegiatan penggalian, pemasangan pondasi bangunan, fasilitas lainnya sampai konstruksi berlangsung ± enam bulan, sedangkan bulan ketujuh diperkirakan masuk ketahap finising bangunan, maka jumlah tenaga kerja sedikit demi sedikit dikurangi jumlahnya. Sementara pekerjaan – pekerjaan seperti pemasangan mesin, penataan taman, dan lain – lain memerlukan tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus. Total kebutuhan tenaga kerja untuk tahap oprasional sebanyak 100 orang dengan kualifikasi dan spesifikasi tertentu.

2.4.    Garis Besar Komponen Rencana Usaha dan/atau Kegiatan

Garis Besar Komponen Rencana Usaha dan/atau Kegiatan terdiri dari :

1. Tahap Pra Konstruksi

Kegiatan pada tahap pra konstruksi pada pembangunan Terminal Semen Bosowa di pelabuahan lembar ini berupa kegiatan survey dan perencanaan yang meliputi :

  1. a.      Perijinan

Perijinan peruntukan penggunaan lahan untuk Pembangunan Terminal Semen Bosowa di antaranya, Ijin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Lombok Barat Nomor : 503.A1/385/BP2T-LB/VI/2012 tanggal 13 Juni 2012; .

  1. b.      Sosialisasi

Sosialisasi rencana usaha/kegiatan dimaksudkan untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai rencana Pembangunan Terminal Semen Bosowa, dan pentingnya keberadaan usaha tersebut bagi perekonomian masyarakat daerah, serta dampak-dampak yang ditimbulkannya, baik dari segi positif maupun negatif.

  1. c.       Soundir

Soundir merupakan kegiatan untuk mendeteksi jenis batuan dan kedalaman batuan untuk mengetahui kekuatan struktur tanah dalam pemasangan beton tiang pancang dalam pembangunan Terminal Semen Bosowa.

Informasi Lebih Lanjut, Untuk pengurusan dan pembuatan Dokumen UKL-UPL, Hubungi >>>
LEMBAGA PENYEHATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN MATARAM
Contact Person :

Putra : 0817367583

Irfan Handi: 081805768000

email : lpplmataram@yahoo.com

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on Maret 19, 2013, in UKL-UPL and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s