Dokumen Ukl Upl Perusahaan Daerah Air Minum Giri Menang Lombok Barat

I. IDENTITAS PEMRAKARSA
1. Nama Perusahaan : PDAM GIRI MENANG
2. Nama Pemrakarsa : L. Ahmad Zaini, S.Si. MT
3. Alamat Kantor, Nomor Telepon/fax : Jl. Pendidikan No. 35 Mataram

0370 632510 / 623934

E-mail : pdammataram@yahoo.co.id
II. RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN
  1. Nama rencana usaha dan/atau kegiatan
Pembangunan Bronkaptering dan Bak Pengumpul Ranget IV, Perusahaan Daerah Air Minum Giri Menang Lombok Barat
  2. Lokasi rencana usaha dan/atau kegiatan
Secara adminstrasi wilayah tersebut berada di :
Desa : Sesaot
Kecamatan : Narmada
Kabupaten : Lombok Barat
Provinsi : Nusa Tenggara Barat
  3. Skala usaha dan/atau Kegiatan
    Debit air sungai yang tersedia pada saat musim hujan ± 1300 liter/detik, dan musim kemarau 950 liter/detik. Peruntukan debit air terbagi antara lain untuk debit lahan pertanian sebesar 600 liter/detik, dan rencana pemanfaatan air PDAM Giri Menang untuk Ranget IV akan menggunakan debit sebesar 150 liter/detik.

Adapun skala usahan dan/atau kegiatan pemanfaatan air Ranget adalah :

1.  Rencana Bronkaptering IV di Mata Air Ranget

Bronkaptering Ranget IV direncanakan dengan konstruksi beton bertulang. Lokasinya dikelilingi oleh bukit yang ditumbuhi pepohonan lebat. Di sekeliling bronkaptering terdapat saluran drainase yang bermuara di saluran irigasi. Sumber air pada saluran irigasi ini berasal dari beberapa mata air yang bermunculan di sekitar lokasi bronkaptering. Saluran irigasi ini dimanfaatkan penduduk setempat untuk melakukan aktifitas mandi dan cuci, bahkan pada hari libur, lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi.

Adapun Dimensi Bronkaptering Ranget IV adalah sebagai berikut:

  • Panjang                              : 5,0 m
  • Lebar                                 : 4,97 m
  • Dalam                                : 0,97 m
  • Manhole                            :  0,6 x 0,6 m (1 unit )
  • Pipa Outlet                        :  GIP Ø 400 mm  (1 unit )
  • Pipa oner flo w                    :  GIP Ø 00 mm  (3 unit )

Air dari Bronkaptering Ranget IV dialirkan secara gravitasi menuju bak penampung Ranget IV melalui 1 buah pipa GI Ø 400 mm sepanjang ± 50 m.

 

2. Rencana Bak Penampung Ranget IV

Air dari bronkaptering IV teriebih dahulu terkumpul dalam bak penampung sebelum dialirkan ke reservoir Bug-bug.

Bak penampung Ranget III direncanakan akan dibangun pada tahun 2012 dengan konstruksi beton bertulang. Lokasinya berada pada elevasi +211,5 di atas permukaaan laut (dpl), berjarak ± 50 m dari lokasi Bronkaptering III Ranget I,

Bak penampung Ranget IV terdiri dari 3 kompartemen, dimana masing-masing kompartemen berfungsi sebagai bak penampung, bak pelimpah dan ruang valve.

Adapun dimensi Bak Penampung Ranget IV adalah sebagai berikut:

  • Panjang                                : 8,7 m
  • Lebar                                    : 5,8 m
  • Dalam                                  : 2,5 m
  • Manhole                              : 1 m x 1 m (2 unit)
  • Pipa Inlet                              : GI Ø 400 mm (1 unit)
  •  Pipa Outlet                          : HGPE Ø 400 mm (ke res. Bug-bug)
  • Pipa Ventilasi                       : 50 mm (2 unit).

Untuk menjaga kesetabilan aliran air ke reservoir bug-bug dan sebagai bak prasedimentasi untuk mencegah batu/kerikil dan pasir ikut mengalir ke reservoir bug-bug.

3. Pipa Transmisi Bug-Bug

Terdapat 1 unit pipa transmisi yang mengalirkan air minum dari bak penampung III Ranget ke Reservoir Bug-bug menuju reservoir bug-bug, yaitu pipa HDPE.

–          Pipa HDPE Ø 400 = panjang 7,79 m

–          Pipa HDPE Ø 350 = panjang 9,235 m

 

 

  4. Garis Besar Komponen Rencana Usaha dan/atau Kegiatan
    Garis besar komponen rencana kegiatan Pembangunan Sarana dan  Prasarana Air Bersih, PDAM Giri Menang terdiri dari bronkaptering dan bak pengumpul Ranget IV yang dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan dibagi menjadi 3 (tiga) tahap kegiatan, yaitu : tahap prakonstruksi, konstruksi dan operasi.
    Tahap Prakonstruksi
    Pada tahap prakonstruksi kegiatan yang dilakukan adalah:
    a. Survei Lapangan
      Pada kegiatan survai (pengukuran dan pemasangan patok) tidak menimbulkan dampak, karena lahan yang akan digunakan berada pada areal wilayah PDAM Giri Menang  (tidak ada kegiatan pembebasan lahan).

Kegiatan survei lapangan yang berpotensi menimbulkan dampak lingkungan adalah kegiatan pengukuran dan pemasangan patok. Kemungkinan dampak yang timbul adalah overlap antara lahan yang akan digunakan untuk bangunan browncaptering dengan lahan penduduk.

    b. Perizinan
      Ijin yang dimiliki yaitu ijin peruntukan Penggunaan Tanah berdasarkan Keputusan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Lombok Barat Nomor : 503.A1/714/BPMP2T-LB/XI/2012 tanggal: 8 Nopember 2012 atas nama PDAM Giri Menang (terlampir) dan Tanda Bukti Hak berdasarkan Sertifikat atas nama Perusahaan Daerah Air Minum Lombok barat lokasi Ranget Selat Narmada dengan Daftar Isian 208 No. 200 dan daftar isian 307 nomor 697 dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lombok Barat.
       

 

 

    c. Sosialisasi Recana Usaha/Kegiatan
      Pemasangan papan pengumuman (akan dilakukan pengembangan dan rekonstruksi fasilitas PDAM) pada lokasi proyek dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan yang akan dilakukan, sehingga persepsi positif masyarakat terbangun.

Dalam kegiatan sosialisasi, perlu memperhatikan Sumber air baku  untuk pengembangan sistem air bersih. Total debit penyadapan, tidak akan mengganggu keseimbangan air di sungai pada saat debit minimum di musim kemarau, yaitu air yang digunakan untuk pertanian di bersumber dari mata air Ranget dengan debit 950 liter/detik, untuk penggunaan lahan pertanian debit yang digunakan sebesar 600 liter/detik, dan PDAM Giri Menang memerlukan air sebanyak 150 liter/detik sehingga debit air tidak mengganggu keperluan untuk kegiatan pertanian dengan sisa debit 50 liter/detik.

       
    Tahap Konstruksi
    Kegiatan proyek terkait dengan tahap konstruksi yang berdampak pada lingkungan perlu untuk diantisipasi dan dijaga serta diminimalisir dalam pelaksanaannya, adapun kegiatan tersebut antara lain;
    a. Penerimaan Tenaga Kerja
      Kegiatan penerimaan tenaga kerja untuk konstruksi berpotensi menimbulkan dampak negatif berupa keresahan masyarakat, jika perekrutan tenaga kerja tidak memprioritaskan tenaga kerja lokal (setempat). Kebutuhan tenaga kerja menurut posiosisi. Tenaga kerja yang diperlukan pada tahap konstruksi adalah sebagaimana tabel 2 dan pelaksana kegiatan adalah pihak Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Barat.

 

 

Tabel 2. Kebutuhan Tenaga Kerja Konstruksi

No

Posisi Tenaga Kerja

Jumlah

(orang)

Spesifikasi

1

Manager proyek

1

S1

2

Site manager/ engineer

1

S1

3

Keuangan

1

S1/D3/SMEA

4

Tenaga Administrasi

1

SMA

5

Logistik

2

STM

6

Sopir

2

SMP/SMA

7

Operator alat dan surveyor

7

STM

8

Pelaksana

2

D3

9

Mandor

2

10

Tenaga pendukung (buruh)

20

Jumlah

32

 

       
    b. Pembangunan dan Pengoperasian Base camp
      Base camp digunakan sebagai kantor pelaksana proyek, bengkel perawatan dan perbaikan peralatan kerja, penyimpanan material dan dilengkapi dengan penginapan untuk pekerja. Jika penempatan material dan peralatan kerja yang kurang baik berpotensi menimbulkan kerusakan dan kecelakaan. Aktivitas para pekerja pendatang yang tidak mengindahkan aturan adat setempat berpotensi menimbulkan konflik dengan masyarakat sekitar lokasi base camp.
       
    c. Mobilisasi Peralatan dan Material
      Alat dan material konstruksi akan ditempatkan pada base camp pada lokasi yang telah ditentukan. Dampak lingkungan yang mungkin  imbul pada kegiatan ini adalah gangguan lalu lintas saat dilakukan  pengangkutan material dari tempat asal ke base camp dan dari base camp ke lokasi  proyek. Jenis material dan peralatan kerja yang akan didatangkan adalah sebagaimana tabel berikut:

 

 

Tabel 3. Jenis Peralatan Yang Didatangkan

No

Jenis Peralatan Kerja

Jumlah

1

Mobile crane

1

2

Mixing concrate

2

3

Concrate vibrator

2

4

Truk

2

5

Theodolit

1

6

Genset

2

 

       

No

Jenis Bahan

Jumlah

1

Pipa HDPE 400, PN 6,3

1  unit

2

Pipa GIP DN 400

2 unit

3

Pipa PVC 100 mm

3 x 1 m

4

Pipa GIO DN 50 untuk Vent

2 unit

5

Sement Porland

6

Split

7

Pasir

8

Kayu (begesting dan acuan)

9

Gate Valve Ø 400

2 unit

10

Water Meter Ø 400

1 unit

11

screen

1 unit

 

 

    d. Pembangunan Bangunan Brown Captering
      Kemungkinan dampak lingkungan yang timbul pada pembangunan browncaptering adalah kemungkinan kecelakaan kerja, jika  penempatan material dan pemasangan acuan beton tidak mengikuti prosedur yang benar.
       
    e. Pembangunan Bak Penampung
      Kemungkinan dampak lingkungan yang timbul pada pembangunan bak water treatment adalah kemungkinan kecelakaan kerja, jika penempatan material dan pemasangan acuan beton tidak mengikuti prosedur yang benar.

 

    f. Jaringan Pipa Transmisi
      Kemungkinan dampak lingkungan yang timbul pada pemasangan

jaringan pipa transmisi kemungkinan gangguan galian pada jalur pipa di sekitar persawahan.

 

    G. Demobilisasi Peralatan dan Material
      Kegiatan ini merupakan proses pembersihan dari peralatan dan sisa-sisa bangunan di sekitar areal proyek yang kemudian diikuti dengan pemutusan hubungan kerja bagi para pekerja konstruksi.

Pembersihan peralatan kerja dan sisa-sisa bangunan dapat menimbulkan keadaan yang bersih, rapi dan akan mengakibatkan kenyamanan, serta akan berdampak pada kesehatan lingkungan.

 

    h. Pemutusan Hubungan Kerja
      Pemutusan hubungan kerja akan dilakukan secara berangsur-angsur sesuai dengan tahap pekerjaan. Pemutusan hubungan kerja akan dilakukan sesuai kesepakatan dan peraturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan keresahan masyarakat atau gejolak masyarakat disekitar lokasi pembangunan hotel.

About lpplmataram

Bagi anda yang membutuhkan Konsultan Lingkungan untuk menyusun Dokumen atau pelaporan UKL-UPL khususnya di wilayah NTB, kamilah solusinya. Hubungi: Putra, ST (081 736 7583) Irfan Handi, SE (081 805 768 000) Andi Kusmira, ST (081 917 960 708)

Posted on April 28, 2013, in Dokumen Lingkungan, UKL-UPL and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s